Saturday 1 October 2016

Pendekatan, Strategi, dan Metode pembelajaran

  • Terdapat beberapa istilah yang berkaitan dengan model pembelajaran, diantaranya: pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran. Menurut Sanjaya (2002:15-16) bahwa.Istilah pendekatan pembelajaran lebih menekankan pada pemeranan dalam pembelajaran, yakni pendekatan yang berpusat pada guru (teacher centered approachs) dan pendekatan yang berpusat pada peserta didik (student centered approaches). Strategi pembelajaran lebih merupakan pola umum perbuatan guru dan peserta didik dalam perwujudan kegiatan belajar-mengajar. Metode pembelajaran sifatnya lebih praktis yang berorientasi pada teknik pelaksanaan. Sehubungan dengan adanya perbedaan antara model pembelajaran dengan istilah-istilah lain yang berkaitan seperti pendekatan, strategi dan metode pembelajaran, guru harus senantiasa memahami istilah-istilah tersebut dengan benar sebelum memilih atau mengembangkan model pembelajaran. Pada prinsipnya model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran dan sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran serta para guru di sekolah dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran. 
Daftar Pustaka


Sanjaya, W. (2002). Pengembangan Model Pembelajaran Metode Klinis bagi Peningkatan Kemampuan Berpikir Siswa dalam Pembelajaran IPS di SD. Disertasi PS PK SPs UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.
 

No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...