Aplikasi Kegiatan Ekonomi dalam
kehidupan sehari-hari
|
|||
1. Berikut ini adalah
gambar salah satu pola konsumsi di masyarakat ketika salah
satu departement
store menyelenggarakan potongan
harga (discount) :
Gambar 5.7 Suasana Discount di
sebuah Toko
a.
Bagaimana pendapat Anda
melihat
fenomena seperti
di
atas
apabila dihubungkan dengan tujuan konsumsi?
Jawab:
Tujuan konsumsi adalah
untuk mengurangi atau menghabiskan daya guna suatu benda, baik berupa barang
maupun jasa, untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan secara langsung.
menggunakan Sebagai konsumen, semestinya bijak dengan penawaran diskon. Diskount secara umum dapat diartikan
sebagai potongan harga beli sebuah product.
Diskon memiliki banyak sekali alasan yang mendasari sebuah perusahaan
mengambil langkah mengurangi harga jual productnya. Salah satunya adalah
sebagai langkah marketing perusahaan untuk menarik minat konsumen, pengenalan
product baru (promotion), atau dengan alasan terdapat penumpukan banyak barang
yang tidak laku/tidak layak jual sehingga perusahaan mengambil kebijakan
untuk menggelar obral besar-besaran.Jangan terburu-buru belanja hanya karena
diskon dibatasi tanggal sekian hingga sekian. Belanja terburu-buru
menyebabkan kebingungan, akhirnya membeli barang-barang yang sesungguhnya
tidak kita perlukan. Kalap berbelanja saat diskon membuat masyarakat
menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Baju masih banyak, malah
memborong baju. Tergiur merogoh kocek karena terdapat diskon 50% untuk sebuah
smartphone, padahal kita baru
beli smartphone bulan lalu. Uang yang seharusnya untuk keperluan
yang lebih penting jadi terpakai untuk barang-barang yang dapat di tunda
pembeliannya atau bahkan tidak kita butuhkan sama sekali.
b.
Menurut pendapat Anda, faktor-faktor apa sajakah yang mendorong seseorang melakukan pola konsumsi seperti di atas?
Jawab:
Hal ini dapat ditinjau
dari sisi psikologis, secara alamiah orang-orang punya insting mencari
kesenangan untuk memenuhi kepuasan biologis dan psikologis. Penyelenggara
diskon selalu memberikan periode waktu tertentu. Inilah yang mendorong
orang-orang merasa bahwa diskon adalah urusan yang urgen. Pasalnya,
melewatkan diskon dianggap melewatkan kesempatan menghemat sekian nominal
uang. Di sinilah diskon bekerja memengaruhi khalayak. Konsumen Indonesia
termasuk konsumen yang aktif mencari promosi belanja. Hasil riset
menunjukkan, sebesar 61 persen konsumen lebih menyukai promosi diskon
ketimbang hadiah langsung. Meski begitu, pada dasarnya konsumen Indonesia
termasuk loyal, yang tidak suka berganti-ganti toko.
Riset bertajuk "Nielsen Shopper Trends Report 2012"
menunjukkan, sebesar 61 persen konsumen lebih memilih diskon, 21 persen lebih
memilih hadiah langsung, 15 persen memilih beli satu gratis satu, dan
hanya 1 persen konsumen yang memilih mengumpulkan poin dan undian
berhadiah dan sebesar 48 persen konsumen Indonesia aktif mencari promosi. Faktor
harga masih menjadi pertimbangan terbesar konsumen Indonesia. "Sebanyak
59 persen konsumen mempertimbangkan harga barang kebutuhan sehari-hari dan 24
persen mengaku bahwa mereka tahu semua harga barang kebutuhan sehari-hari
yang mereka beli secara teratur,"
c.
Bagaimanakah nilai
karakter yang dapat
dikembangkan sehingga
kita dapat terhindar dari pola
hidup konsumtif ?
Jawab:
Menyikapi fenomena, nilai karakter yang dapat dikembangkan sehingga dapat terhindar dari pola hidup
konsumtif adalah.
ü Selalu membuat daftar barang-barang yang
menjadi kebutuhan.
ü Menyisihkan 5% setiap bulan.
ü Jangan Kalap
ü Selektif memilih
ü Belanja Online Lebih Murah Ketimbang Offline
|
|||
2. Salah satu faktor produksi terpenting adalah
faktor produksi tenaga
kerja, dalam rangka penyiapan keterampilan
dan pengetahuan salah
satunya ditempuh dengan pendidikan. Terkait hal tersebut, dalam rangka menjawab realita tanpa batas
sesama negara ASEAN dalam
MEA, maka pengetahuan, sikap, dan ketrampilan apakah yang dibutuhkan agar peserta
didik Anda mempunyai daya saing?
Jawab:
Pendidikan mengemban peran penting dalam membangun
sumber daya manusia yang kompetitif dan mampu bersaing dengan negara lain.
Karena itu untuk menyambut MEA, pendidikan harus mampu mempersiapkan sumber
daya manusia (SDM) yang terampil, peka dan kritis dalam menghadapi tantangan
maupun perubahan-perubahan yang akan terjadi di dunia pendidikan mendatang.
Tantangan MEA dalam dunia pendidikan yang akan dihadapi antara lain,
menjamurnya lembaga pendidikan asing, standar dan orientasi pendidikan yang
makin pro pasar, serta pasar tenaga kerja yang dibanjiri tenaga kerja asing.
Pendidikan merupakan sektor penting yang harus
segera dibenahi pemerintah dalam menghadapi MEA, karena pendidikan diharapkan
mampu menghadapi MEA yang sebentar lagi akan dibuka. Namun sayangnya, tidak
ada kemajuan yang signifikan, baik sistem pendidikan maupun kualitasnya,
contohnya dilihat dari mutu pendidikan tenaga kerja masih rendah, di mana
hingga Febuari 2014 jumlah pekerja berpendidikan SMP atau dibawahnya tercatat
sebanyak 76,4 juta orang atau sekitar 64 persen dari total 118 juta pekerja
di Indonesia. Penyebabnya adalah sebagian masyarakat masih banyak kurang
memahami MEA sendiri, sehingga banyak masyarakat yang merasa puas
dengan pendidikan yang diperoleh, yang rata-rata hanya lulus SMP. Karena itu,
pemerintah harus segera melakukan
sosialisasi kepada masyarakat tentang arti penting peran pendidikan dalam
menghadapi MEA ini. Ketika masyarakat sudah mengetahui pentingnya pendidikan
maka secara otomatis mereka akan menyadari bahwa mereka harus memiliki
pendidikan yang tinggi serta keterampilan yang mumpuni sehinggga ketika MEA
dibuka mereka akan siap menghadapinya. Pendidikan memiliki peran penting
dalam menghadapi MEA. sebagai berikut.
a.
Pendidikan memberikan keterampilan.
Pendidikan merupakan salah satu salah satu
alat untuk mengajarkan keterampilan kepada peserta didik. Tidak hanya di
sekolah-sekolah formal maupun non formal seperti lembaga kursus, pelatihan
maupun lainnya, keterampilan juga dapat diajarkan lewat keluarga. Pada MEA
yang akan segera dibuka akhir 2015 ini masyarakat Indonesia dituntut memiliki
keterampilan sehingga nantinya dapat bersaing dengan masyarakat dari negara
lain di ASEAN. Selain itu, dengan keterampilan masyarakat Indonesia juga dapat
membuat lapangan kerja sendiri sehingga nantinya menampung masyarakat
Indonesia dalam memperoleh pekerjaan.
b.
Pendidikan sebagai sumber ilmu pengetahuan
Jelas, di dalam pendidikan juga diajarkan ilmu
pengetahuan yang mana pengetahuan tersebut dapat membantu mereka dalam mengembangkan
keterampilannya maupun wawasan. MEA yang akan segera dibuka ini, seseorang
dituntut memiliki wawasan luas dan keterampilan yang mumpuni.
c.
Pendidikan sebagai sarana melatih sikap mental tangguh dan
kedisiplinan.
Pendidikan di era seperti ini mempunyai tujuan
untuk melatih mental dan kedisiplinan. Karena mental yang kuat dan disiplin
yang tinggi adalah salah satu kunci kesuksesan di era globalisasi. MEA yang
akan berlangsung seorang karyawan pabrik pun tidak hanya dituntut untuk
memiliki fisik yang kuat tetapi harus memiliki mental yang kuat dan disiplin
yang tinggi.
Karena itu, Pendidikan menjadi solusi ampuh
dalam menghadapi MEA dilihat dari perannya yang sangat penting dalam
menghadapi MEA yang akan segera dibuka. Pendidikan memberikan harapan yang
besar bagi bangsa dalam memecahkan segala permasalahan yang sedang dialami
bangsa, baik masalah politik, masalah ekonomi, maupun masalah pendidkan itu
sendiri.Dalam pelaksanaannya, bukan hanya pemerintah yang harus menjalankan
peran pendidikan sendiri dalam menghadapi MEA, melainkan semua elemen
masyarakat harus ambil bagian dari mulai keluarga, sekolah, dan masyarakat.
|
|||
3. Keputusan saluran distribusi merupakan ujung tombak akhir menunju
konsumen. Salah satu alternatif saluran distribusi adalah dengan distribusi
secara online.
a. Bagaimanakah efektivitas dan efisiensi dari penggunaan saluran
distibusi online?
Jawab:
Berikut ini, terdapat 11 efektivitas dan
efisiensi dari penggunaan saluran distibusi online
1)
Tanpa batas waktu
Melakukan pemasaran online sangat menguntungkan jika anda memiliki produk yang pantas
untuk dijual serta dapat dikirim melalui jasa pengiriman, tidak perlu
khawatir untuk menentukan waktunya karena selama 24 jam dalam sehari dan 7
hari dalam seminggu pasar online
ini akan terus buka. Ketika anda melakukan promosi dan memasang iklan maka
pasti akan terus terlihat setiap saat.
2)
Tanpa batas tempat
Dapat menjalankan pemasaran online dimanapun, yang terpenting
adalah jika ada koneksi internet, perangkat komputer dan smartphone. Tidak
perlu lagi bertatap muka dengan pelanggan secara langsung, korespondensi
hanya melalui email dan internet dapat melakukan semua kegiatan pemasaran dan
transaksi penjualan dengan mudah.
3)
Efisiensi biaya operasional
Beriklan di situs online dan melalui penyedia iklan online lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan iklan
secara offline. Hal ini jelas terlihat dari biaya yang dibutuhkan dan
perlengkapan pendukung yang dapat terjangkau dan relatif murah.
Apabila anda memiliki produk dengan segmentasi
pasar tertentu pada pemasaran online
jelas sangat memudahkan anda membidik target market. Misalnya anda memiliki
produk elektronik, maka manfaatkanlah forum elektronik, group di media sosial
seperti facebook, atau membuka sebuah toko online untuk memasarkan produk anda.
Menjalankan organisasi dalam bisnis sangat
penting agar menghasilkan tingkat efisiensi dan produktifitas perusahaan.
Namun dalam bisnis online,
kemudahan menjalankan bisnis terlihat jelas. Misalnya pada bisnis online anda hanya perlu membuat sebuah
katalog produk yang menawarkan barang kepada pelanggan secara online serta kemudahan menyusun komunikasi pemasaran yang efektif.
Apabila anda menjual barang secara online anda dapat memanfaatkan
supplier pertama untuk menampung barang anda sebelum adanya pesanan, sehingga
anda tidak perlu melakukan memindah-mindahkan barang setiap saat.
Saat menjalankan pemasaran secara online, anda tidak perlu menggunakan
banyak karyawan karena sistem yang digunakan berbeda. Karyawan anda hanya
melakukan administrasi penjualan hingga menyiapkan proses pengiriman barang,
dan melayani saat ada pelanggan yang mengalami kesulitan dalam pemesanan
barang.
8)
Produktifitas meningkat
Peningkatan produktifitas jelas terlihat
karena jam operasional pemasaran online
tidak terbatas. Anda dapat memaksimalkan keuntungan dan produktifitas karena
semakin meningkatnya para pengguna internet, dimana saat ini semua transaksi dapat
dilakukan via smartphone.
Teknologi webiste saat ini berkembang pesat,
anda dapat melacak pengunjung website dari mana mengakses toko online anda. Hal ini akan membantu
anda untuk melakukan analisa pasar dan bahkan memberikan promo pada saat-saat
tertentu.
10)
Memberikan keuntungan yang tidak terbatas
Keuntungan dari bisnis online dapat dikatakan tak terbatas karena jumlah konsumen yang
tidak terbatas pula. Jika anda menggunakan pemasaran online besar kemungkinan untuk melebarkan sayap seluas mungkin
dengan meraih keuntungan yang semaksimal mungkin.
11)
Kemudahan Pengawasan
Untuk mengontrol dan melakukan pengawasan
seluruh transaksi toko online, Anda dapat melakukannya kapan pun dan
dimanapun. Hal ini memberikan kemudahan dan manfaat bagi penjual dan pembeli,
serta pengusaha barang atau jasa. Kemudahan manajemen ini hanya ada di
pemasaran online saja.
b. Nilai karakter apa
sajakah yang dapat
dikembangkan sehingga kegiatan distribusi secara online dapat berjalan efisien dan
efektif?
Jawab:
Berikut nilai karakter yang dapat
dikembangkan sehingga kegiatan distribusi secara online dapat berjalan efisien dan efektif
a.
Memiliki Passion Yang Kuat
Pelaku bisnis online harus menjalankan usahanya dengan kecintaan terhadap
produk-produk yang dijualnya. Jika barang yang dijual sesuai
dengan passion yang dimiliki, maka akan lebih mudah untuk menikmati
bisnis tersebut. Dengan cinta terhadap produk yang Anda jual, Anda akan
menjadi penjual yang paham betul akan barang Anda. Sehingga dapat dengan
mudah Anda memberi pemahaman dan meyakinkan pembeli akan produk Anda, atau dapat
juga Anda membuka layanan konsultasi pra dan pasca pembelian, yang tentunya
akan menjadi nilai tambah bagi bisnis Anda.
b.
Melihat Dengan Sudut Pandang Yang Berbeda
Kepercayaan pelanggan menjadi kunci utama
suksesnya usaha di dunia internet, sehingga sebagai pelaku bisnis online yang baik Anda harus mengerti seperti
apa pelanggan Anda. Keinginan dan kebutuhan yang dimiliki pelanggan harus
Anda mengerti, sehingga Anda dapat dengan mudah dan tepat memenuhi kebutuhan
tersebut. Jika barang yang hendak Anda jual sudah terfikirkan, langkah
selanjutnya strategi pemasaran untuk menarik konsumen.
c.
Visioner
Seorang pelaku bisnis harus mempunyai mimpi yang besar untuk bisnis yang sedang dijalankannya. Selain memikirkan menjual barang dalam waktu dekat, berfikir untuk jangka waktu panjang juga penting. Dengan mempunyai tujuan yang pasti, Anda dapat membuat langkah-langkah untuk bisnis Anda dalam jangka waktu satu tahun, dua tahun, lima tahun, dan tahun-tahun berikutnya, sehingga kesuksesan yang Anda impikan dapat terwujud sesuai target yang telah ditentukan.
d.
Fokus
Banyak jenis usaha yang di jalankan dalam
bisnis online. Tapi harus dapat memilih usaha apa yang cocok
untuk Anda. Fokus dengan usaha yang Anda kuasai akan memudahkan Anda membuat
strategi dalam mengembangkan usaha Anda. Selain fokus ke usaha Anda, fokus ke
pelanggan juga tidak kalah pentingnya. Bagaimana caranya agar Anda dapat
menarik pasar dan membuat pelanggan tetap loyal dengan produk Anda.
|
Wednesday, 13 November 2019
Aplikasi Kegiatan Ekonomi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Keunggulan Geostrategis Indonesia
letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...
-
No. Instrumen Tes Kelebihan Kekurangan 1 Pilihan Ganda 1. D...
-
1. Apa yang membedakan semiotika Ferdinand de Saussure (1857-1913) dengan semiotika Charles Sanders Peirce (1839-1914)? Apa nilai g...
-
FILTRASI SEDERHANA DAN PENETRALAN pH AIR LIMBAH RUMAH TANGGA DENGAN MEDIA DAUN PEPAYA (Penelitian di Perum Asabri Bumi Kiara Indah De...
No comments:
Post a Comment