Wednesday 13 November 2019

Aplikasi Kegiatan Ekonomi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Aplikasi Kegiatan Ekonomi dalam kehidupan sehari-hari


1.    Berikut ini adalah gambar salah satu pola konsumsi di masyarakat ketika salah satu departement store menyelenggarakan potongan harga (discount) :
 







Gambar 5.7 Suasana Discount di sebuah Toko
a.    Bagaimana   pendapat   Anda   melihat   fenomena   seperti   di   atas   apabila dihubungkan dengan tujuan konsumsi?
Jawab:
Tujuan konsumsi adalah untuk mengurangi atau menghabiskan daya guna suatu benda, baik berupa barang maupun jasa, untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan secara langsung. menggunakan Sebagai konsumen, semestinya bijak dengan penawaran diskon. Diskount secara umum dapat diartikan sebagai potongan harga beli sebuah product. Diskon memiliki banyak sekali alasan yang mendasari sebuah perusahaan mengambil langkah mengurangi harga jual productnya. Salah satunya adalah sebagai langkah marketing perusahaan untuk menarik minat konsumen, pengenalan product baru (promotion), atau dengan alasan terdapat penumpukan banyak barang yang tidak laku/tidak layak jual sehingga perusahaan mengambil kebijakan untuk menggelar obral besar-besaran.Jangan terburu-buru belanja hanya karena diskon dibatasi tanggal sekian hingga sekian. Belanja terburu-buru menyebabkan kebingungan, akhirnya membeli barang-barang yang sesungguhnya tidak kita perlukan. Kalap berbelanja saat diskon membuat masyarakat menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Baju masih banyak, malah memborong baju. Tergiur merogoh kocek karena terdapat diskon 50% untuk sebuah smartphone, padahal kita baru beli smartphone bulan lalu. Uang yang seharusnya untuk keperluan yang lebih penting jadi terpakai untuk barang-barang yang dapat di tunda pembeliannya atau bahkan tidak kita butuhkan sama sekali.
b.    Menurut pendapat Anda, faktor-faktor apa sajakah yang mendorong seseorang melakukan pola konsumsi seperti di atas?
Jawab:
Hal ini dapat ditinjau dari sisi psikologis, secara alamiah orang-orang punya insting mencari kesenangan untuk memenuhi kepuasan biologis dan psikologis. Penyelenggara diskon selalu memberikan periode waktu tertentu. Inilah yang mendorong orang-orang merasa bahwa diskon adalah urusan yang urgen. Pasalnya, melewatkan diskon dianggap melewatkan kesempatan menghemat sekian nominal uang. Di sinilah diskon bekerja memengaruhi khalayak. Konsumen Indonesia termasuk konsumen yang aktif mencari promosi belanja. Hasil riset menunjukkan, sebesar 61 persen konsumen lebih menyukai promosi diskon ketimbang hadiah langsung. Meski begitu, pada dasarnya konsumen Indonesia termasuk loyal, yang tidak suka berganti-ganti toko.
Riset bertajuk "Nielsen Shopper Trends Report 2012" menunjukkan, sebesar 61 persen konsumen lebih memilih diskon, 21 persen lebih memilih hadiah langsung, 15 persen memilih beli satu gratis satu, dan hanya 1 persen konsumen yang memilih mengumpulkan poin dan undian berhadiah dan sebesar 48 persen konsumen Indonesia aktif mencari promosi. Faktor harga masih menjadi pertimbangan terbesar konsumen Indonesia. "Sebanyak 59 persen konsumen mempertimbangkan harga barang kebutuhan sehari-hari dan 24 persen mengaku bahwa mereka tahu semua harga barang kebutuhan sehari-hari yang mereka beli secara teratur," 

c.    Bagaimanakah nilai karakter yang dapat dikembangkan sehingga kita dapat terhindar dari pola hidup konsumtif ?
Jawab:
Menyikapi fenomena, nilai karakter yang dapat dikembangkan sehingga dapat terhindar dari pola hidup konsumtif adalah.
ü  Selalu membuat daftar barang-barang yang menjadi kebutuhan.
ü  Menyisihkan 5% setiap bulan.
ü  Jangan Kalap
ü  Selektif memilih
ü  Belanja Online Lebih Murah Ketimbang Offline
2.    Salah satu faktor produksi terpenting adalah faktor produksi tenaga kerja, dalam rangka penyiapan keterampilan dan pengetahuan salah satunya ditempuh dengan pendidikan. Terkait hal tersebut, dalam rangka menjawab realita tanpa batas sesama negara ASEAN dalam MEA, maka pengetahuan, sikap, dan ketrampilan apakah yang dibutuhkan agar peserta didik Anda mempunyai daya saing?
Jawab:
Pendidikan mengemban peran penting dalam membangun sumber daya manusia yang kompetitif dan mampu bersaing dengan negara lain. Karena itu untuk menyambut MEA, pendidikan harus mampu mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, peka dan kritis dalam menghadapi tantangan maupun perubahan-perubahan yang akan terjadi di dunia pendidikan mendatang. Tantangan MEA dalam dunia pendidikan yang akan dihadapi antara lain, menjamurnya lembaga pendidikan asing, standar dan orientasi pendidikan yang makin pro pasar, serta pasar tenaga kerja yang dibanjiri tenaga kerja asing.
Pendidikan merupakan sektor penting yang harus segera dibenahi pemerintah dalam menghadapi MEA, karena pendidikan diharapkan mampu menghadapi MEA yang sebentar lagi akan dibuka. Namun sayangnya, tidak ada kemajuan yang signifikan, baik sistem pendidikan maupun kualitasnya, contohnya dilihat dari mutu pendidikan tenaga kerja masih rendah, di mana hingga Febuari 2014 jumlah pekerja berpendidikan SMP atau dibawahnya tercatat sebanyak 76,4 juta orang atau sekitar 64 persen dari total 118 juta pekerja di Indonesia. Penyebabnya adalah sebagian masyarakat masih banyak kurang memahami MEA sendiri, sehingga  banyak masyarakat yang merasa puas dengan pendidikan yang diperoleh, yang rata-rata hanya lulus SMP. Karena itu,  pemerintah harus segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang arti penting peran pendidikan dalam menghadapi MEA ini. Ketika masyarakat sudah mengetahui pentingnya pendidikan maka secara otomatis mereka akan menyadari bahwa mereka harus memiliki pendidikan yang tinggi serta keterampilan yang mumpuni sehinggga ketika MEA dibuka mereka akan siap menghadapinya. Pendidikan memiliki peran penting dalam menghadapi MEA. sebagai berikut.
a.    Pendidikan memberikan keterampilan.
Pendidikan merupakan salah satu salah satu alat untuk mengajarkan keterampilan kepada peserta didik. Tidak hanya di sekolah-sekolah formal maupun non formal seperti lembaga kursus, pelatihan maupun lainnya, keterampilan juga dapat diajarkan lewat keluarga. Pada MEA yang akan segera dibuka akhir 2015 ini masyarakat Indonesia dituntut memiliki keterampilan sehingga nantinya dapat bersaing dengan masyarakat dari negara lain di ASEAN. Selain itu, dengan keterampilan masyarakat Indonesia juga dapat membuat lapangan kerja sendiri sehingga nantinya menampung masyarakat Indonesia dalam memperoleh pekerjaan.
b.    Pendidikan sebagai sumber ilmu pengetahuan
Jelas, di dalam pendidikan juga diajarkan ilmu pengetahuan yang mana pengetahuan tersebut dapat membantu mereka dalam mengembangkan keterampilannya maupun wawasan. MEA yang akan segera dibuka ini, seseorang dituntut memiliki wawasan luas dan keterampilan yang mumpuni.
c.    Pendidikan sebagai sarana melatih sikap mental tangguh dan kedisiplinan.
Pendidikan di era seperti ini mempunyai tujuan untuk melatih mental dan kedisiplinan. Karena mental yang kuat dan disiplin yang tinggi adalah salah satu kunci kesuksesan di era globalisasi. MEA yang akan berlangsung seorang karyawan pabrik pun tidak hanya dituntut untuk memiliki fisik yang kuat tetapi harus memiliki mental yang kuat dan disiplin yang tinggi.
Karena itu, Pendidikan menjadi solusi ampuh dalam menghadapi MEA dilihat dari perannya yang sangat penting dalam menghadapi MEA yang akan segera dibuka. Pendidikan memberikan harapan yang besar bagi bangsa dalam memecahkan segala permasalahan yang sedang dialami bangsa, baik masalah politik, masalah ekonomi, maupun masalah pendidkan itu sendiri.Dalam pelaksanaannya, bukan hanya pemerintah yang harus menjalankan peran pendidikan sendiri dalam menghadapi MEA, melainkan semua elemen masyarakat harus ambil bagian dari mulai keluarga, sekolah, dan masyarakat.
3.    Keputusan saluran distribusi merupakan ujung tombak akhir menunju konsumen. Salah satu alternatif saluran distribusi adalah dengan distribusi secara online.
a.    Bagaimanakah efektivitas dan efisiensi dari penggunaan saluran distibusi online?
Jawab:
Berikut ini, terdapat 11 efektivitas dan efisiensi dari penggunaan saluran distibusi online
1)    Tanpa batas waktu
Melakukan pemasaran online sangat menguntungkan jika anda memiliki produk yang pantas untuk dijual serta dapat dikirim melalui jasa pengiriman, tidak perlu khawatir untuk menentukan waktunya karena selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu pasar online ini akan terus buka. Ketika anda melakukan promosi dan memasang iklan maka pasti akan terus terlihat setiap saat.
2)    Tanpa batas tempat
Dapat menjalankan pemasaran online dimanapun, yang terpenting adalah jika ada koneksi internet, perangkat komputer dan smartphone. Tidak perlu lagi bertatap muka dengan pelanggan secara langsung, korespondensi hanya melalui email dan internet dapat melakukan semua kegiatan pemasaran dan transaksi penjualan dengan mudah.
3)    Efisiensi biaya operasional
Beriklan di situs online dan melalui penyedia iklan online lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan iklan secara offline. Hal ini jelas terlihat dari biaya yang dibutuhkan dan perlengkapan pendukung yang dapat terjangkau dan relatif murah.
4)    Kemudahan dalam strategi pemasaran produk
Apabila anda memiliki produk dengan segmentasi pasar tertentu pada pemasaran online jelas sangat memudahkan anda membidik target market. Misalnya anda memiliki produk elektronik, maka manfaatkanlah forum elektronik, group di media sosial seperti facebook, atau membuka sebuah toko online untuk memasarkan produk anda.
5)    Kemudahan manajemen dan organisasi
Menjalankan organisasi dalam bisnis sangat penting agar menghasilkan tingkat efisiensi dan produktifitas perusahaan. Namun dalam bisnis online, kemudahan menjalankan bisnis terlihat jelas. Misalnya pada bisnis online anda hanya perlu membuat sebuah katalog produk yang menawarkan barang kepada pelanggan secara online serta kemudahan menyusun komunikasi pemasaran yang efektif.
6)    Kemudahan pengelolaan kontrol persediaan
Apabila anda menjual barang secara online anda dapat memanfaatkan supplier pertama untuk menampung barang anda sebelum adanya pesanan, sehingga anda tidak perlu melakukan memindah-mindahkan barang setiap saat.
7)    Kemudahan pengelolaan Sumber Daya Manusia
Saat menjalankan pemasaran secara online, anda tidak perlu menggunakan banyak karyawan karena sistem yang digunakan berbeda. Karyawan anda hanya melakukan administrasi penjualan hingga menyiapkan proses pengiriman barang, dan melayani saat ada pelanggan yang mengalami kesulitan dalam pemesanan barang.
8)    Produktifitas meningkat
Peningkatan produktifitas jelas terlihat karena jam operasional pemasaran online tidak terbatas. Anda dapat memaksimalkan keuntungan dan produktifitas karena semakin meningkatnya para pengguna internet, dimana saat ini semua transaksi dapat dilakukan via smartphone.
9)    Memudahkan melakukan Riset Pemasaran
Teknologi webiste saat ini berkembang pesat, anda dapat melacak pengunjung website dari mana mengakses toko online anda. Hal ini akan membantu anda untuk melakukan analisa pasar dan bahkan memberikan promo pada saat-saat tertentu.
10) Memberikan keuntungan yang tidak terbatas
Keuntungan dari bisnis online dapat dikatakan tak terbatas karena jumlah konsumen yang tidak terbatas pula. Jika anda menggunakan pemasaran online besar kemungkinan untuk melebarkan sayap seluas mungkin dengan meraih keuntungan yang semaksimal mungkin.
11) Kemudahan Pengawasan
Untuk mengontrol dan melakukan pengawasan seluruh transaksi toko online, Anda dapat melakukannya kapan pun dan dimanapun. Hal ini memberikan kemudahan dan manfaat bagi penjual dan pembeli, serta pengusaha barang atau jasa. Kemudahan manajemen ini hanya ada di pemasaran online saja.

b.    Nilai  karakter  apa  sajakah  yang  dapat  dikembangkan  sehingga  kegiatan distribusi secara online dapat berjalan efisien dan efektif?
Jawab:
Berikut nilai  karakter  yang  dapat  dikembangkan  sehingga  kegiatan distribusi secara online dapat berjalan efisien dan efektif
a.    Memiliki Passion Yang Kuat
Pelaku bisnis online harus menjalankan usahanya dengan kecintaan terhadap produk-produk yang dijualnya. Jika barang yang dijual sesuai dengan passion yang dimiliki, maka akan lebih mudah untuk menikmati bisnis tersebut. Dengan cinta terhadap produk yang Anda jual, Anda akan menjadi penjual yang paham betul akan barang Anda. Sehingga dapat dengan mudah Anda memberi pemahaman dan meyakinkan pembeli akan produk Anda, atau dapat juga Anda membuka layanan konsultasi pra dan pasca pembelian, yang tentunya akan menjadi nilai tambah bagi bisnis Anda.
b.    Melihat Dengan Sudut Pandang Yang Berbeda
Kepercayaan pelanggan menjadi kunci utama suksesnya usaha di dunia internet, sehingga sebagai pelaku bisnis online yang baik Anda harus mengerti seperti apa pelanggan Anda. Keinginan dan kebutuhan yang dimiliki pelanggan harus Anda mengerti, sehingga Anda dapat dengan mudah dan tepat memenuhi kebutuhan tersebut. Jika barang yang hendak Anda jual sudah terfikirkan, langkah selanjutnya strategi pemasaran untuk menarik konsumen.
c.    Visioner
Seorang pelaku bisnis harus mempunyai mimpi yang besar untuk bisnis yang sedang dijalankannya. Selain memikirkan menjual barang dalam waktu dekat, berfikir untuk jangka waktu panjang juga penting. Dengan mempunyai tujuan yang pasti, Anda dapat membuat langkah-langkah untuk bisnis Anda dalam jangka waktu satu tahun, dua tahun, lima tahun, dan tahun-tahun berikutnya, sehingga kesuksesan yang Anda impikan dapat terwujud sesuai target yang telah ditentukan.
d.    Fokus
Banyak jenis usaha yang di jalankan dalam bisnis online. Tapi  harus dapat memilih usaha apa yang cocok untuk Anda. Fokus dengan usaha yang Anda kuasai akan memudahkan Anda membuat strategi dalam mengembangkan usaha Anda. Selain fokus ke usaha Anda, fokus ke pelanggan juga tidak kalah pentingnya. Bagaimana caranya agar Anda dapat menarik pasar dan membuat pelanggan tetap loyal dengan produk Anda.



No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...