Pengembangan Penilaian Berbasis Kelas Masa Praaksara
KISI-KISI PENULISAN SOAL TES
PRESTASI AKADEMIK
Kurikulum
2013
Jenis
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
No Urut
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan kelas
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
1.
|
3.4
Menganalisi
berfikir kronologis, perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak
masa praaksara sampai masa Hindu-Budha, dan Islam.
|
VII
|
Praaksara
|
3.4.1 Mendeskripsikan masa praaksara
|
PG
|
2.
|
VII
|
Praaksara
|
3.4.2
Mengidentifikasi
periodesasi masa praaksara di Indonesia.
|
PG
|
|
3.
|
VII
|
Praaksara
|
3.4.3 Mengidentifikasi
periodesasi masa praaksara di Indonesia
|
PG
|
No Urut
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan kelas
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
1.
|
3.4 Menganalisi berfikir
kronologis, perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada
aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara
sampai masa Hindu-Budha, dan Islam.
|
VII
|
Praaksara
|
3.4.1 Mendeskripsikan masa
praaksara
|
Uraian
|
2.
|
VII
|
Praaksara
|
3.4.2 Mengidentifikasi periodesasi
masa praaksara di Indonesia.
|
Uraian
|
|
3.
|
VII
|
Praaksara
|
3.4.3 Mengidentifikasi
periodesasi masa praaksara di Indonesia
|
Uraian
|
4
Berdasarkan kisi-kisi diatas, buatlah soal
UN/ USBN pada lingkup materi yang dipelajari pada modul ini.
5
Kembangkan soal-soal yang sesuai dengan
konsep HOTs.
6
Kembangkan soal Pilihan Ganda (PG)
sebanyak 3 Soal
7
Kembangkan soal uraian (Essay) sebanyak 3
Soal.
8
Rambu-rambu pemilihan Bentuk Soal (Level)
a. Soal
PG : Pengetahuan, Pemahaman dan
Aplikasi.
b. Soal Uraian :
Pemahaman, Aplikasi, Analisa, Sintesa dan Evaluasi.
KARTU SOAL
|
Jenjang : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : VII
Kompetensi : Masa Praaksara di indonesia
Level : 1. Pengetahuan
Materi : Praaksara
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
|
1.
Munculnya
manusia purba merupakan ciri dari zaman .....
a.
Azoikum
b.
Mesozoikum
c.
Paleozoikum
d.
Neozoikum
Kunci Jawaban : D
|
KARTU SOAL
|
Jenjang : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : VII
Kompetensi : Masa Praaksara di indonesia
Level : 2. Pemahaman
Materi : Praaksara
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
|
2.
Perhatikan pernyataan berikut!
1.
Sumber makanan tergantung pada alam
2.
Cara hidup berpindah-pindah (nomaden)
3.
Sudah mengenal pertukaran barang dengan barang
4.
Menghasilkan makanan sendiri
5.
Peralatan hidup terbuat dari batu kasar
6.
Sudah mengenal sistem kepercayaan
Ciri kehidupan
pada masa berburu dan mengumpulkan makanan pada masa praaksara adalah nomor
.....
a.
1, 2, 5 c. 2, 4, 5
b.
1, 3, 6 d. 3, 4, 6
Kunci Jawaban : A
|
KARTU SOAL
|
Jenjang : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : VII
Kompetensi : Masa Praaksara di indonesia
Level : 3. Aplikasi
Materi : Praaksara
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
|
3.
Ciri utama yang membedakan masa perundagian dengan
masa sebelummya adalah .....
a.
Munculnya kelompok yang memiliki keahlian tertentu
b.
Telah terbentuk kerajaan dengan pemerintahan
teratur
c.
Belum terbentuk pembagian kerja secara jelas
d.
Sudah mengenal kepercayaan pada roh gaib dan
kekuatan alam
Kunci Jawaban : A
|
KARTU SOAL
|
Jenjang : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : VII
Kompetensi : Masa Praaksara di indonesia
Level : Pemahaman
Materi : Praaksara
Bentuk Soal : Uraian
|
1.
Sebutkan tiga ciri kehidupan manusia praaksara
pada masa bercocok tanam dan beternak!
Kunci Jawaban:
a.
Hidupnya sudah menetap tinggal di gu-gua maupun di
pantai.
b.
Sudah mengumpulkan makanan (food producing)
c.
Alat tidak hanya terbuat dari batu akan tetapi
sudah terbuat dari tulang.
d.
Sudah mulai mengenal sistem kepercayaan.
|
KARTU SOAL
|
Jenjang : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : VII
Kompetensi : Masa Praaksara di indonesia
Level : Pemahaman
Materi : Praaksara
Bentuk Soal : Uraian
|
2.
Dolmen sebagai salah satu peninggalan zaman
megalithikum berfungi sebagai .....
Kunci Jawaban:
Dolmen adalah
Tempat untuk meletakan sesaji dalam pemujaan terhadap roh nenek moyang.
|
KARTU SOAL
|
Jenjang : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : VII
Kompetensi : Masa Praaksara di indonesia
Level : Analisa
Materi : Praaksara
Bentuk Soal : Uraian
|
3.
Kegunaan ilmu sejarah dalam sebuah pengetahuan
adalah sebagai .....
Kunci Jawaban:
Sejarah
sebagai peristiwa dan kisah di masa lalu.
|
No comments:
Post a Comment