Thursday 14 November 2019

Sejarah Sebagai Sumber Belajar


Sejarah sebagai Sumber Belajar


Soal:
1.      Pembelajaran sejarah membicarakan peristiwa yang telah lampau, bagaimana cara anda mengkondisikan/ menghadirkan peristiwa tersebut dalam proses pembelajaran ?
2.      Sumber sejarah tidak terbatas pada buku teks saja, bagaimana cara Anda memotivasi siswa agar dapat memanfaatkan segala sumber belajar yang ada untuk mempelajari sejarah ?
3.      Di era globalisasi, arus informasi tidak dapat dibendung lagi. Siswa dengan mudah dapat mengakses berita dari berbagai penjuru dunia.
a. Bagaimana strategi Anda sebagai guru IPS jika siswa bertanya tentang informasi yang didengarnya mengandung unsur kontroversi dengan pembelajaran sejarah di kelas ?
b. Nilai-nilai karakter apa yang dapat Anda tanamkan kepada peserta didik, Jelaskan!

Jawaban:

1.         Cara mengkondisikan/menghadirkan peristiwa tersebut dalam proses pembelajaran:
a.  Menjelaskan kembali peritiwa yang terjadi pada masa lampau tersebut dengan
     didukung oleh bukti-bukti baik secara lisan, tulisan, maupun benda, seperti artefak,
     dokumen, ensiklopedi sejarah, kamus.
b.  Memutar  film dokumenter, diajak ke musium.
c. Guru sejarah harus memiliki kemampuan untuk merealisasikan masa lalu pada masa sekarang
d. Guru sejarah harus memiliki imajinasi yang tinggi serta berbagai jenis pengetahuan yang luas dan positif . karena sejarah adalah subjek yang sulit diajarkan maka ditangan seorang guru sejarah yang berkualitas sejarah menjadi alat pendidikan yang nyata
e. Menggunakan metode kontruktivisme

2.      Cara memotivasi siswa agar dapat memanfaatkan segala sumber belajar yang ada untuk mempelajari sejarah:
a.  Mengajak siswa ke Musium, atau tempat-tempat bersejarah.
b.  Memutar film-film sejarah
c. Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar .

3. Strategi sebagai guru IPS jika siswa bertanya tentang informasi yang didengarnya mengandung unsur kontroversi dengan pembelajaran sejarah di kelas:
     a. Strategi Guru IPS jika siswa bertanya tentang informasi yang didengarnya mengandung
   unsur kontroversi dengan pembelajaran sejarah di kelas Menggunakan metode
    kontruktivisme, Menyajikan fakta-fakta selengkap mungkin dari berbagai macam  sumber yang kompeten dan Guru IPS tidak boleh terbawa unsur subyektivifisme.

   b. Nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan kepada peserta didik :
1.    Sikap penghargaan kepada setiap manusia
2.    Sikap tenggang rasa, jujur, berlaku adil, suka mengabdi, ramah serta sopan dan taat janji
3.    Sikap demokratis dan menghargai gagasan orang lain serta mau hidup bersama dengan orang lain yang berbeda
4.    Kebebasan dan tangungjawab
5.    Penghargaan terhadap alam
6.    Penghormatan terhadap sang Pencipta
7.    Beberapa sikap pengembangan sebagai pribadi manusia seperti disiplin, bijaksana, hormat, mandiri, percaya diri dan hal-hal penyempurnaan diri pribadi
8.    Mengembangkan sikap nasionalisme dan patritisme
9.    Menghargai jasa-jasa pahlawan bangsa
10.          Meningkatkan mentalitas luhur
c.  Meluruskan kembali kejadian yang sebenarnya dengan berbekal dari berbagai  sumber, sehingga tidak menjadi polemik atau perdebatan diantara siswa sendiri.
d.  Cinta tanah air, rela berkorban, tanggung jawab, nasionalisme, pantang menyerah,  
     disiplin.




No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...