Thursday 14 November 2019

SOAL PILIHAN GANDA IPS



Buatlah masing-masing satu contoh untuk setiap jenis soal pilihan ganda dibawah ini. Sebelum membuat contoh soal pilihlah dahulu salah satu tema, KD, kemudian tulislah satu indikator untuk KD tersebut. Berdasarkan indikator, tulislah contoh soal. Upayakan untuk membuat soal yang mengukur level taksonomi yang berbeda. Gunakan Lembar kerja dibawah ini.
LEMBAR KERJA : Contoh soal pilihan ganda
1. Jawaban benar tunggal
Tema: letak Indonesia secara astronomis dan geografis Indonesia
KD: 3.1 memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi,
geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
Indikator : Peserta didik mampu menyebutkan letak Indonesia secara astronomis dan geografis Indonesia
Contoh soal :
Letak astronomis Indonesia adalah...
A.   6° LU-11° LU dan 95° BT - 141° BT
B.   6° LU - 11° LS  dan 95° BT - 141 °BT
C.   6° LS - 11° LS dan 95° BB - 141° BB
D.   6° LU- 11° LS dan 95° BT - 141° BB
Level taksonomi: C1 (Pengetahuan)
2. Jawaban terbaik
Tema: keragaman flora dan fauna di Indonesia
KD: 3.1 memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi,
geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan keragaman flora dan fauna di Indonesia
Contoh soal
Berikut ini adalah hewan-hewan yang merupakan fauna khas dari wilayah Asiatis...
A.  Komodo, Harimau, dan Kanguru
B.  Orangutan, Gajah, dan Badak bercula satu
C.  Gajah, Harimau, dan Anoa
D.  Kanguru, Koala, dan Cendrawasih
Level taksonomi: C2 (Pemahaman)
3. Melengkapi kalimat
Tema: Kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi)
KD: 3.3 menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi,  penawaranpermintaan) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan jenis-jenis kegiatan ekonomi
Contoh soal
Secara umum kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia meliputi kegiatan produksi, konsumsi, dan ...
A.   transportasi
B.   urbanisasi
C.   distribusi
D.   komunikasi
Level taksonomi: C1 ( Pengetahuan)
4. Bentuk negatif
Tema: Kehidupan manusia pada masa praaksara
KD: 3.4 memahami berpikirkronologi, perubahan dankesinambungan dalamkehidupan bangsaIndonesia pada aspekpolitik, sosial, budaya,geografis, dan pendidikansejak masa praaksarasampai masa Hindu-Buddha, dan Islam
Indikator : Peserta didik mampu menerangkan peninggalan zaman praaksara di Indonesia
Contoh soal
Dibawah ini, peninggalan sejarah yang BUKAN merupakan bagian dari masa megalithikum  adalah …
A
B
C
D
Nekara
Moko
Menhir
Sarkofagus
Waruga
Kubur peti batu
Punden berundak
Dolmen
Level taksonomi: C3 (Aplikasi)


No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...