Buatlah masing-masing satu contoh untuk setiap jenis
soal pilihan ganda dibawah ini. Sebelum membuat contoh soal pilihlah dahulu
salah satu tema, KD, kemudian tulislah satu indikator untuk KD tersebut.
Berdasarkan indikator, tulislah contoh soal. Upayakan untuk membuat soal yang
mengukur level taksonomi yang berbeda. Gunakan Lembar kerja dibawah ini.
LEMBAR
KERJA : Contoh soal pilihan ganda
|
||||||||
1. Jawaban benar
tunggal
|
||||||||
Tema: letak Indonesia
secara astronomis dan geografis Indonesia
|
||||||||
KD: 3.1
memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi,
geologis, flora dan
fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap
kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
|
||||||||
Indikator : Peserta
didik mampu menyebutkan letak Indonesia secara astronomis dan geografis
Indonesia
|
||||||||
Contoh soal :
Letak astronomis
Indonesia adalah...
A.
6° LU-11° LU dan 95° BT - 141° BT
B.
6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141 °BT
C.
6° LS - 11° LS dan 95° BB - 141° BB
D.
6° LU- 11° LS dan 95° BT - 141° BB
|
||||||||
Level taksonomi: C1
(Pengetahuan)
|
||||||||
2. Jawaban terbaik
|
||||||||
Tema: keragaman flora
dan fauna di Indonesia
|
||||||||
KD: 3.1
memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi,
geologis,
flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya
terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan
pendidikan
|
||||||||
Indikator : Peserta
didik mampu menjelaskan keragaman flora dan fauna di Indonesia
|
||||||||
Contoh soal
Berikut ini adalah
hewan-hewan yang merupakan fauna khas dari wilayah Asiatis...
A. Komodo,
Harimau, dan Kanguru
B. Orangutan,
Gajah, dan Badak bercula satu
C. Gajah,
Harimau, dan Anoa
D. Kanguru,
Koala, dan Cendrawasih
|
||||||||
Level taksonomi: C2
(Pemahaman)
|
||||||||
3.
Melengkapi kalimat
|
||||||||
Tema: Kegiatan
ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi)
|
||||||||
KD: 3.3
menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga
menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, penawaranpermintaan) dan interaksi
antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya
Indonesia
|
||||||||
Indikator
: Peserta didik mampu menjelaskan jenis-jenis kegiatan ekonomi
|
||||||||
Contoh
soal
Secara
umum kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia meliputi kegiatan produksi,
konsumsi, dan ...
A.
transportasi
B.
urbanisasi
C.
distribusi
D.
komunikasi
|
||||||||
Level
taksonomi: C1 ( Pengetahuan)
|
||||||||
4.
Bentuk negatif
|
||||||||
Tema:
Kehidupan manusia pada masa praaksara
|
||||||||
KD:
3.4 memahami berpikirkronologi, perubahan dankesinambungan dalamkehidupan
bangsaIndonesia pada aspekpolitik, sosial, budaya,geografis, dan
pendidikansejak masa praaksarasampai masa Hindu-Buddha, dan Islam
|
||||||||
Indikator
: Peserta didik mampu menerangkan peninggalan zaman praaksara di Indonesia
|
||||||||
Contoh
soal
Dibawah ini, peninggalan sejarah yang BUKAN merupakan
bagian dari masa megalithikum adalah …
|
||||||||
Level
taksonomi: C3 (Aplikasi)
|
No comments:
Post a Comment