Wednesday 13 November 2019

KEGIATAN DISTRIBUSI

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan kegiatan distribusi
Description: Hasil gambar untuk distribusiJawab:
Distribusi adalah proses penyampaian produk ataupun jasa dari produsen kepada para konsumen, yang dimana produk ataupun jasa tersebut sangat dibutuhkan oleh konsumen. Atau dapat juga didefenisikan sebagai suatu kegiatan pemasaran yang berusaha untuk mempermudah dalam penyampaian produk ataupun jasa dari produsen kepada tangan konsumen. Proses pendistribusian barang tersebut akan menciptakan utility dan pengalihan hak kepemilikan dari produk. Dalam prosesnya, distribusi merupakan suatu aktivitas dari pemasaran yang bisa menciptakan nilai tambah pada produk melalui berbagai fungsi seperti utility, tempat, waktu dan hak kepemilikan dari barang atau produk. Lalu dapat juga tercipta kelancaran aliran atau arus saluran pemasaran baik itu secara fisik maupun non-fisik, arus pemasaran merupakan suatu aliran dari kegiatan yang terjadi antara lembaga pemasaran yang terlibat dalam proses distribusi. Arus pemasaran diantaranya seperti arus: informasi, promosi, negosiasi, pembayaran, kepemilikan dan lain-lain. Dalam melaksanakan berbagai aktivitas distribusi produsen atau perusahaan umumnya harus bekerjasama dengan berbagai macam perantara maupun saluran distribusi dengan maksud supaya produk atau jasa yang di hasilkannya bisa tersalurkan ke pasar.

2.      Jelaskan fungsi saluran distribusi!
Jawab:
Fungsi  distribusi adalah  kegiatan yang  harus  dilaksanakan oleh  mata  rantai distribusi, sehingga barang dan jasa sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia dapat tersalur dari produsen kepada konsumen. Secara umum fungsi distribusi dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok :

a. Fungsi  Pertukaran  menyangkut  tentang  pelaksanaan  pemasaran,  yaitu pelaksanaan transaksi jual beli, fungsi ini meliputi 3 (tiga) macam fungsi, yaitu
1) Pembelian

Fungsi ini merupakan usaha memilih dan menentukan berbagai jenis barang untuk dibeli dan kemudian dijual kembali. Dalam kaitannya dengan fungsi pembelian harus ditentukan terlebih dahulu kepada siapa barang tersebut dijual, apakah akan dijual langsung kepada konsumen atau kepada pengecer.

2) Fungsi Penjualan

Fungsi penjualan merupakan kegiatan yang paling penting sebab kelangsungan kegiatan usaha distribusi sangat tergantung dari kemampuan distributor untuk menjual dagangannya.

3) Fungsi Pengambilan Resiko

Setiap pedagang tentunya akan selalu berusaha untuk menghindari terjadinya resiko yang harus ditanggung. Mereka akan selalu berusaha memperoleh untung yang maksimal jika usahanya beruntung dan jika rugi maka diharapkan rugi minimal. Sehingga ketika resiko kerugian tidak terelakkan, maka pedagang harus berani menghadapinya.

Fungsi Penyediaan Fisik menyangkut tentang usaha menyediakan barang dagangan dalam jumlah yang tepat, menghindari persediaan barang yang terlalu berlebihan dan juga jangan sampai kehabisan. Termasuk dalam fungsi penyediaan fisik adalah fungsi pengumpulan (upaya untuk mencari berbagai jenis barang dari sumber yang sama, atau barang yang sama dari beberapa sumber). Fungsi penyimpanan (upaya untuk mengatur jumlah persediaan barang dagangan). Fungsi pemilahan (memilih dan memilah barang-barang dagangan, kemudian menggolong-golongkan dalam jenis dan kualitas tertentu. Fungsi pengangkutan (upaya untuk memindahkan barang dari tempat barang tersebut diproduksi (produsen) ke tempat pihak yang memerlukan(konsumen).
3.      Jelaskan Faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan saluran distribusi!
Jawab:
Faktor-faktor yang mempengaruhi Pilihan Saluran Distribusi

a. Faktor Pasar

Diantara faktor pasar yang paling penting dalam mempengaruhi pilihan saluran distribusi adalah pertimbangan sasaran pelanggan. Pemasar harus menjawab pertanyaan :(1) siapakah calon pelanggan, (2) apa yang mereka beli, (3), dimana mereka membeli, dan (4) bagaimana mereka membeli. Pilihan saluran distribusi tergantung apakah produsen sedang menjual ke pelanggan industri atau konsumen.

b. Faktor Produk

Produk yang kompleks, dibuat khusus dan mahal cenderung mendapatkan manfaat dari saluran distribusi yang pendek atau langsung. Misal alat kedokteran, produk farmasi. Sebaliknya semakin standar suatu produk dapat semakin panjang dan banyak saluran distribusi yang terlibat.

c. Faktor Produsen
Para produsen dengan sumber keuangan, manajerial dan pemasaran yang besar akan lebih baik menggunakan lebih banyak saluran langsung karena produsen memiliki kemampuan untuk mempekerjakan dan melatih tenaga penjual, menyimpan barang dan memberikan kredit. Sebaliknya produsen yang lebih kecil akan lebih baik mengandalkan perantara.

4.   Bagaimanakah  nilai  karakter  yang  dapat  dikembangkan  sebagai  seorang

distributor ?
Jawab:
Guru memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam materi distribusi bahwa untuk menjadi seorang distributor membutuhkan komitmen  penyelenggara saluran  distribusi untuk menyalurkan barang yang tepat waktu dan terjaga secara kualitas tidak mengalami kerusakan, berkurang dll. Penggunaan saluran distribusi membutuhkan sikap kerjasama, gotong royong antar masing-masing komponen yang  terlibat  sehingga  barang  dapat  sampai  tepat  waktu,  tidak  mengalami
kerusakan, maupun berkurang secara kuantitas.

Karena, dalam kenyataan tidak selamanya barang yang dihasilkan produsen untuk sampai ke konsumen harus melewati distributor. Akan tetapi, dalam perekonomian modern kegiatan distribusi memegang peranan yang penting. Lebih-lebih dengan makin majunya teknologi transportasi yang mengakibatkan hubungan antarbangsa menjadi lebih dekat. Hal ini mengakibatkan peranan distribusi makin penting karena barang yang ada didalam negeri tetapi juga konsumen yang ada diluar negeri.

No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...