Pengembangan
Penilaian Berbasis Kelas (PBK), Masa Pergerakan Nasional Indonesia
KISI-KISI PENULISAN SOAL TES PRESTASI
AKADEMIK
Kurikulum 2013
Jenis Sekolah : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
No. Urut
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan Kelas
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
1
|
Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya
semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis,
ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik.
|
VIII
|
Pergerakan Nasional Indonesia
|
Latar
belakang pergerakan nasional Indonesia.
|
PG dan Uraian
|
2
|
Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya
semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis,
ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik.
|
VIII
|
Pergerakan Nasional Indonesia
|
Proses
kebangkitan nasional Indonesia
|
PG dan Uraian
|
3
|
Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan
tumbuhnya
semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis,
ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik.
|
VIII
|
Pergerakan Nasional Indonesia
|
Sumpah pemuda dalam pembangunan bangsa Indonesia
|
PG dan
Uraian
|
4.
Berdasarkan kisi-kisi
diatas, buatlah soal UN/USBN pada lingkup materi yang dipelajari pada modul ini.
5.
Kembangkan soal-soal
yang sesuai dengan konsep HOTs.
6.
Kembangkan soal
Pilhan Ganda (PG) sebanyak 3 Soal
7.
Kembangkan soal
uraian (Essay) sebanyak 3 Soal.
8.
Rambu-rambu pemilihan
Bentuk Soal (Level)
a.
Soal PG : Pengetahuan,
Pemahaman dan Aplikasi.
b.
Soal Uraian
: Pemahaman, Aplikasi, Analisa, Sintesa dan Evaluasi
KARTU SOAL
|
||
Jenjang
Mata
Pelajaran
Kelas
Kompetensi
Level
Materi
Bentuk Soal
|
:
:
:
:
:
:
:
|
Sekolah Menengah
Pertama
Ilmu Pengetahuan
Sosial
VIII
Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
dan politik.
Pengetahuan
Pergerakan Nasional Indonesia / Latar belakang
pergerakan nasional Indonesia.
Pilihan
Ganda
|
Faktor
Ekstern munculnya kesadaran nasional adalah …
a.
sejarah
masa lampau yang gemilang
b.
penderitaan
rakyat akibat kolonialisme
c.
kemenangan
Jepang atas Rusia
d.
peranan
golongan terpelajar
|
||
Kunci Jawaban : C
|
KARTU SOAL
|
||
Jenjang
Mata
Pelajaran
Kelas
Kompetensi
Level
Materi
Bentuk Soal
|
:
:
:
:
:
:
:
|
Sekolah Menengah
Pertama
Ilmu Pengetahuan
Sosial
VIII
Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
dan politik
Pemahaman
Pergerakan Nasional Indonesia / Proses kebangkitan nasional
Indonesia
Pilihan
Ganda
|
Dalam
perkembangannya, Budi Utomo bergerak sangat lambat karena …
a.
tidak
adanya dukungan dana dari kaum priyayi
b.
pemerintah
colonial melakukan pengawasan yang cukup ketat
c.
tidak
bergerak dalam bidang politik
d.
menonjolnya
kaum priyayi yang mengutamakan jabatan
|
||
Kunci Jawaban : D
|
KARTU SOAL
|
||
Jenjang
Mata
Pelajaran
Kelas
Kompetensi
Level
Materi
Bentuk Soal
|
:
:
:
:
:
:
:
|
Sekolah Menengah
Pertama
Ilmu Pengetahuan
Sosial
VIII
Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
dan politik Pengaruh kebijakan pemerintah
pendudukan Jepang
Aplikasi
Pergerakan Nasional Indonesia / Sumpah pemuda dalam pembangunan
bangsa Indonesia
Pilihan Ganda
|
Pengaruh
Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah …
a.
membangkitkan
kesadaran nasional
b.
memperkuat
tekad para pemuda untuk bersatu
c.
Belanda
mulai bersikap lunak kepada para tokoh nasionalis
d.
mempercepat
proses kemerdekaan
|
||
Kunci Jawaban : B
|
KARTU SOAL
|
||
Jenjang
Mata
Pelajaran
Kelas
Kompetensi
Level
Materi
Bentuk Soal
|
:
:
:
:
:
:
:
|
Sekolah Menengah
Pertama
Ilmu Pengetahuan
Sosial
VIII
Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
dan politik
Pemahaman
Pergerakan Nasional Indonesia / Latar belakang pergerakan
nasional Indonesia.
Uraian
|
Mengapa
kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905 menjadi pendorong lahirnya
pergerakan nasional di Indonesia?
|
||
Kunci Jawaban :
Menjadi
suatu anggapan umum jika keperkasaan Eropa (bangsa kulit putih) menjadi simbol
superioritas atas bangsa-bangsa lain dari kelompok kulit berwarna. Pada tahun
1904-1905 terjadi peperangan antara Jepang melawan Rusia, ternyata yang
keluar sebagai pemenang dalam peperangan itu adalah Jepang. Hal ini
memberikan semangat juang terhadap para pelopor pergerakan nasional di Indonesia
|
KARTU SOAL
|
||
Jenjang
Mata
Pelajaran
Kelas
Kompetensi
Level
Materi
Bentuk Soal
|
:
:
:
:
:
:
:
|
Sekolah Menengah
Pertama
Ilmu Pengetahuan
Sosial
VIII
Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan
serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan
politik
Aplikasi
Pergerakan Nasional Indonesia / Proses kebangkitan nasional
Indonesia
Uraian
|
Mengapa
pendidikan kebangsaan memegang peranan penting dalam mencetak tokoh-tokoh
pergerakan nasional?
|
||
Kunci Jawaban :
Sistem
pendidikan Barat melahirkan golongan terpelajar yang mendorong untuk
mendirikan sekolah untuk kaum pribumi. Sekolah ini dikenal dengan sekolah
kebangsaan sebab bertujuan untuk
menanamkan rasa nasionalisme dikalangan rakyat dan mencetak generasi penerus
yang terpelajar dan sadar akan basib bangsanya.
|
KARTU SOAL
|
||
Jenjang
Mata
Pelajaran
Kelas
Kompetensi
Level
Materi
Bentuk Soal
|
:
:
:
:
:
:
:
|
Sekolah Menengah
Pertama
Ilmu Pengetahuan
Sosial
VIII
Mendeskripsikan
perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta
perubahan dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik
Analisa
Pergerakan Nasional Indonesia / Sumpah pemuda dalam
pembangunan bangsa Indonesia
Uraian
|
Jelaskan
arti penting Sumpah Pemuda dalam kerangka sejarah Indonesia?
|
||
Kunci Jawaban :
Sumpah
Pemuda menjadi awal puncak perjuangan kemerdekaan Indonesia hal itu terlihat
sebelum kongtres sumpah pemuda perlawanan hanya bersifat kedaerahan namun
setelah sumpah pemuda menandakan bahwa seluruh pemuda Indonesia yang terdiri
dari berbagai etnik, suku dan bangsa bersatu padu untuk mewujudkan Indonesia
merdeka.
|
No comments:
Post a Comment