Pengembangan Penilaian Berbasis
kelas (PBK), Masa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
KISI-KISI PENULISAN SOAL TES
PRESTASI AKADEMIK
B. Kurikulum 2013
Jenis Sekolah : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Bahan
kelas
|
Materi
|
indikator
|
Bentuk
soal
|
1.
|
3.1
Memahami konsep ruang (lokasi,
distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan
interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan
manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
VII/1
|
Kondisi
geologis bentuk muka bumi dan iklim Indonesia, pesebaran flora dan fauna
Indonesia.
|
Menjelaskan kondisi geologis, bentuk muka
bumi dan iklim Indonesia
|
Pilihan
Ganda
|
2.
|
3.1
Memahami konsep ruang (lokasi,
distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan
interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan
manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
VII/1
|
Sumber Daya Manusiajumlah, sebaran, dan komposisi;
pertumbuhan; kualitas (pendidikan,
kesehatan, kesejahteraan keragaman etnik) aspekaspek budaya
|
Menjelaskan komposisi penduduk
berdasarkan usia, jenis kelamin
|
Pilihan
ganda
|
3.
|
4.1
Menjelaskan konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,
iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang
di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam
aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
VII/1
|
Persebaran flora
dan fauna di indonesia
|
Dapat memberikan conton pesebaran flora dan fauna( tipe asiatis, tipe peralihan dan tipe australis)
|
Pilihan
ganda
|
4.
|
3.1
Memahami konsep ruang (lokasi,
distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan
interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan
manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
VII/I
|
Letak
dan luas Indonesia (pemahaman lokasi melalui peta dan letak luas Indonesia)
|
Mengidentifikasi lokasi Indonesia untuk
memahami letak dan luas peta
|
Uraian
|
5.
|
3.2
Menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya
terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma serta
kelembagaan sosial budaya
|
VII/1
|
Interaksi sosial:
pengertian, syarat,
dan bentuk (akomodasi, kerjasama, asimilasi)
|
Memberi contoh bentuk-bentuk interaksi sosial yang
bersifat assosiatif dan dissosiatif
|
Uraian
|
6.
|
3.4
Menganalisis berpikir kronologi, perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan
bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan
pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha, dan Islam.
|
VII/II
|
Perubahan dan
kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa praaksara secara kronologis
|
Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat Indonesia pada masa praaksara
|
Uraian
|
4. Berdasarkan
kisi-kisi diatas, buatlah soal UN/USBN pada lingkup materi yang dipelajari pada
modul ini.
5. Kembangkan
soal-soal yang sesuai dengan konsep HOTs.
6. Kembangkan soal
Pilhan Ganda (PG) sebanyak 3 Soal
7. Kembangkan soal
uraian (Essay) sebanyak 3 Soal.
8. Rambu-rambu
pemilihan Bentuk Soal (Level)
a. Soal PG :
Pengetahuan, Pemahaman dan Aplikasi.
b. Soal Uraian : Pemahaman,
Aplikasi, Analisa, Sintesa dan Evaluasi.
KARTU SOAL
|
Jenjang : Sekolah Menengah
Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas : VII / VIII / IX
Kompetensi : Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
Level : VII
Materi : 1. Kondisi fisik
wilayah indonesia
2. Bentuk interaksi sosial
3. Kehidupan masa pra aksara
Bentuk Soal : Pilihan Ganda /
Uraian
|
1.
Arah
angin pada gambar di samping membawa pengaruh musim.... bagi sebagian besar
wilayah Indonesia.....
a. kemarau b. hujan c. mareng d. Pancaroba
2.
Kondisi penduduk yang dicirikan dengan kelahiran dengan
kematian relatif seimbang, kelompok penduduk muda memiliki proporsi yang sama
dengan kelompok penduduk dewasa, maka akan digambarkan dengan piramida
penduduk berbentuk ... .
a.
3.
Jenis hewan indonesia yang
bercorak asia antara lain:
a.
Biawak dan kerbau belang
b.
Komodo dan kasuari
c.
Kanguru dan cendrawasih
d.
Kera dan gajah
Uraian
1.
Bagaimanakah
pengaruh letak astronomis bagi negara indonesia!
2.
Jelaskan
perbedaan proses sosial asosiatif dan proses sosial disosiatif! Kemudia
berikan masing-masing dua contoh proses sosial asosiatif dan proses sosial
disosiatif dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Jelaskan
kehidupan masa pra aksara pada masa
bercocok tanam!
|
Jawaban
1.
Pengaruh
letak astronomis bagi indonesia:
a.
Indonesia
beriklim tropis
b.
Indonesia
dipengaruhi angin muson
c.
Indonesia
memiliki dua musim
d.
Indonesia
dibagi menjadi 3 daerah waktu
e.
Indonesia
memiliki banyak keanekaragaman flora fauna
2.
Perbedaan
proses sosial asosiatif dan proses sosial disosiatif
a.
Proses
sosial asosiatif adalah suatu bentuk interaksi sosial yang bisa meningkatkan
hubungan kesolidaritasan sesama manusia. Contohnya: gotong royong dan
mediasi.
b.
proses
sosial disosiatif adalah bentuk interaksi sosial yang dapat
merenggangkan/menyempitkan hubungan solidaritas antar individu. Contoh :
pertandingan sepak bola dan demonstrasi mahasiswa.
3. Perubahan
dari masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut ke masa bercocok
tanam, memakan waktu yang sangat panjang, karena tingkat kesulitan yang
tinggi. Pada masa ini sudah mulai ada usaha bertempat tinggal menetap di
suatu perkampungan yang terdiri atas tempat tinggal-tempat tinggal sederhana
yang didiami secara berkelompok. Mulai ada kerjasama dan peningkatan unsur
kepercayaan yang diharapkan adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan
ketenteraman hidupnya. Masa bercocok tanam di Indonesia dimulai kira-kira
bersamaan dengan berkembangnya kemahiran mengasah alat dari batu dan mulai
dikenalnya teknologi pembuatan gerabah. Alat yang terbuat dari batu dan biasa
diasah adalah beliung, kapak batu, mata anak panah, mata tombak, dan
sebagainya. Di antara alat batu yang paling terkenal adalah beliung persegi.
Masyarakat mulai meninggalkan cara-cara berburu dan mengumpulkan makanan.
Mereka sudah menunjukkan tanda-tanda akan menetap di suatu tempat, dengan
kehidupan baru, yaitu mulai bercocok tanam secara sederhana dan mulai
memelihara hewan. Proses perubahan tata kehidupan yang ditandai dengan
perubahan cara memenuhi kebutuhan hidup masyarakat, terjadi secara
perlahan-lahan, namun pasti.
|
No comments:
Post a Comment