Thursday 14 November 2019

Masa Islam di Indonesia keterpaduannya dengan Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi.


Masa Islam di Indonesia keterpaduannya dengan Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi.



Soal:
Kasultanan Demak yang berbasis Perdagangan dan Islam berkembang pesat di Jawa Tengah. Secara geografis wilayah pusat pemerintahan ada di pantai utara yang masih dekat dengan jalur perdagangan di Selat Malaka yang menghubungkan jalur India - China.
Seiring dengan perkembangan sistem politik, kasultanan demak mengalami pergeseran ke Pajang pada masa Kasultanan Hadiwijoyo dan bahkan pada masa pemerintahan Mataram pusat pemerintahan menjadi bergeser ke pedalaman Jawa Tengah, tepatnya di daerah Yogjakarta yang sekarang.
Dalam kacamata IPS tentu hal ini sangat menarik untuk dikaji dari berbagai sudut pandang (multidimensional).
Lakukan analisa dalam kajiaan IPS Terpadu, motif-motif yang melatarbelakangi mengapa pusat pemerintahan mengalami pergeseran dari wilayah pantai utara menuju Pedalaman Jawa Tengah, yang eksistensinya justru lebih bertahan samapai sekarang.

Jawaban:
Motif-motif yang melatarbelakangi mengapa pusat pemerintahan mengalami pergeseran dari wilayah pantai utara menuju Pedalaman Jawa Tengah, antara lain :
1.     Setelah Sultan Trenggono(Raja DEmak)  mangkat terjadi perang saudara yang berlarut-larut antara Arya Penangsang(Demak) dan Joko Tingkir (Pajang) yang dimenangkan oleh Joko Tingkar
2.     Untuk mendekati daerah pertanian yang subur yaitu di Surakarta dan Klaten
3.     Menjauhi musush-musuh politik disekitar Demak
4.     Mendekati daerah-daerah pendukungnya di sekitar Tingkir dan Pajang




No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...