Wednesday 13 November 2019

Keterpaduan Materi untuk Membelajarkan IPS Terpadu




Keterpaduan Materi untuk Membelajarkan IPS Terpadu


1.    Setelah  Anda  memahami  tentang  Perdagangan  Internasional  jelaskan kegunaan mempelajari materi tersebut di dalam kehidupan sehari-hari !
2.    Sebagai Guru IPS, menurut Anda Tema/Sub Tema apakah yang dapat       dikembangkan dengan menggunakan materi Perdagangan Internasional ?
3.    Membelajarkan  IPS  kepada  peserta  didik  bukan  melalui  pendekatan keilmuan namun kajian konsep dari keempat ilmu (geografi, ekonomi, sejarah dan sosiologi) dengan geografi sebagai platformnya. Tentukanlah konsep-konsep Geografi, Sejarah dan Sosiologi yang berkaitan dengan Konsep-konsep yang ada pada materi Perdagangan Internasional ketika Anda membelajarkan Tema/Sub Tema yang telah Anda tentukan pada soal no. 2!


JAWABAN:
1.      Kita lebih menerapkan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, misalnya lebih baik membeli barang dengan harga yang relatif murah daripada membuat sendiri dengan biaya produksi yang lebih mahal.
2.      Tema: kegiatan ekspor dan impor
3.      Konsep-konsep ekonomi, geografi, Sejarah dan Sosiologi yang berkaitan dengan tema kegiatan ekspor dan impor

Ekonomi
Geografi
Sejarah
Sosiologi
Eksportir
Importir
Biaya (cost)
Distribusi
Komoditi
Devisa
Profit
Spesialisasi produk
Keruangan
Lokasi
Jarak
Morfologi
Interalasi
Differensiasi area
Interdepedensi


Waktu
Perubahan
Kontinuinitas
Kronologi
Periodisasi

Interaksi sosial
Perubahan sosial
Permasalahan sosial
Globalisasi














No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...