Keterpaduan Materi untuk Membelajarkan IPS Terpadu
|
1. Setelah Anda memahami
tentang
Perdagangan
Internasional
jelaskan kegunaan mempelajari materi tersebut di dalam kehidupan sehari-hari
!
2. Sebagai Guru IPS,
menurut Anda
Tema/Sub Tema apakah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan materi Perdagangan Internasional ?
3. Membelajarkan IPS kepada
peserta didik bukan melalui
pendekatan
keilmuan namun kajian
konsep dari keempat
ilmu (geografi, ekonomi, sejarah dan sosiologi) dengan
geografi sebagai
platformnya. Tentukanlah konsep-konsep Geografi, Sejarah dan Sosiologi
yang berkaitan dengan Konsep-konsep yang ada pada materi Perdagangan Internasional ketika Anda membelajarkan Tema/Sub Tema yang telah Anda
tentukan pada soal no.
2!
|
JAWABAN:
1. Kita lebih menerapkan prinsip ekonomi dalam
memenuhi kebutuhan sehari-hari, misalnya lebih baik membeli barang dengan harga
yang relatif murah daripada membuat sendiri dengan biaya produksi yang lebih
mahal.
2. Tema: kegiatan ekspor dan impor
3. Konsep-konsep ekonomi, geografi, Sejarah dan
Sosiologi yang berkaitan dengan tema kegiatan ekspor dan impor
Ekonomi
|
Geografi
|
Sejarah
|
Sosiologi
|
Eksportir
Importir
Biaya (cost)
Distribusi
Komoditi
Devisa
Profit
Spesialisasi produk
|
Keruangan
Lokasi
Jarak
Morfologi
Interalasi
Differensiasi area
Interdepedensi
|
Waktu
Perubahan
Kontinuinitas
Kronologi
Periodisasi
|
Interaksi sosial
Perubahan sosial
Permasalahan sosial
Globalisasi
|
No comments:
Post a Comment