Wednesday 13 November 2019

PRINSIP EKONOMI

1.      Jelaskan tentang pengertian prinsip ekonomi
Jawab:
Description: Gambar terkaitPrinsip ekonomi merupakan pedoman untuk tindakan ekonomi yang terkandung di dalamnya prinsip dengan pengorbanan tertentu untuk mendapatkan hasil yang tertentu. Prinsip ekonomi memberikan pemahaman bahwa yang diupayakan manusia akan seimbang dengan apa yang diperolehnya.
2.   Bagaimanakah prinsip ekonomi mempengaruhi manusia dalam memenuhi

kebutuhan hidupnya
Jawab:
Jika di amati kebutuhan manusia seperti tidak memiliki batas, karena kebutuhannya begitu banyak dan biaya atau pengorbanan untuk membeli kebutuhan tersebut terbatas maka terjadilah sesuatu yang disebut dengan prinsip ekonomi. Karena itu diperlukan prinsip ekonomi yaitu usaha untuk mendapatkan hasil tertentu dengan pengorbanan yang sekecil mungkin. Atau definisi prinsip ekonomi yang lainnya yaitu suatu usaha atau tindakan dalam mendapatkan kepuasan kebutuhan tertentu dengan pengorbanan yang seminim mungkin, prinsip ekonomi mengarahkan kepada tindakan supaya dapat mencapai keektifan serta keefesienan yang tinggi. Akibat pengaruh dari prinsip ekonomi, maka manusia dapat.
ü  Bertindak ekonomis
Bertindak secara ekonomis merupakan tindakan seseorang atau manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya, dengan tindakan yang rasional yaitu setiap tindakan melalui pemikiran atau dipikirkan secara matang terlebih dahulu dan selalu berpegang pada prinsip ekonomi. Seseorang dikatakan bertindak secara ekonomis jika berhasil mendapat keseimbangan antara hasil dan pengorbanan yaitu kebutuhannya dapat terpenuhi sebaik mungkin dan pengorbanan atau biaya yang dikeluarkannya sekecil mungkin.
ü  Berpikir ekonomis
Maksud dari berpikir ekonomis bukan hanya bagaimana cara memakai sumber yang telah ada (dari alam), misalnya seperti: menggunakan hasil yang di dapatkan dari alam lalu di habiskan begitu saja di konsumsi untuk memenuhi keperluan sehari-hari, akan tetapi bagaimana cara melakukan nilai hasil dari apa yang didapat dari alam supaya memiliki nilai guna yang lebih baik lagi, untuk mengimbangi keperluan atau kebutuhan yang akan semakin kesini semakin meningkat. Dan seseorang dapat di katakana ekonomis jika orang tersebut telah melakukan tindaka produksi.

3.   Bagaimanakah guru  memberikan penguatan terhadap nilai-nilai karakter

yang muncul pada materi motif ekonomi ?
Jawab:
Guru memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa ketika hendak membeli suatu barang pasti kita akan membandingkan harga barang tersebut dari toko yang satu dengan toko yang lainnya. Selanjutnya mencari barang yang harganya diskon atau ada potongan harga, dan belajar hidup hemat. Itulah beberapa contoh penerapan prinsip ekonomi. Peserta didik pun diharapkan memiliki karakter sebagai berikut.
ü  Selalu hemat
ü  Selalu mentukan kebutuhan yang terpenting terlebih dahulu atau kebutuhan yang mendesak dan di urutkan sampai dengan kebutuhan yang tidak terlalu penting.
ü  Bertindak dengan rasional dan ekonomis, menentukan kebutuhan melalui perencanaan yang sudah matang.
ü  Bertindak dengan prinsip “pengeluaran biaya diikuti dengan hasil yang di dapatkan.
Description: Hasil gambar untuk menghemat bukan berarti pelit
“MENGHEMAT BUKAN BERARTI PELIT”

No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...