Thursday 14 November 2019

Masa Pendudukan Jepang di Indonesia keterpaduannya dengan Geografi, Ekonomi dan Sosiologi


Masa Pendudukan Jepang di Indonesia keterpaduananya dengan Geografi, Ekonomi dan Sosiologi



Soal:
Romusha
Istilah Romusha ("rōmusha": "buruh", "pekerja") adalah sebutan bagi orang Indonesia yang dipekerjakan secara paksa pada pendudukan Jepang di Indonesia, pada tahun 1942 – 1945. Tujuan Jepang melakukan tanam paksa atau Romusha yaitu, untuk persiapan perang Asia Timur Raya serta memenuhi kebutuhan tentara jepang. Pada mulanya tugas-tugas yang dilakukan itu bersifat sukarela dan pengerahan tenaga tersebut tidak begitu sukar dilakukan karena orang masih terpengaruh oleh propaganda “untuk kemakmuran bersama Asia Timur Raya”

1.             Jelaskan kajian IPS terpadu terhadap Tindakan Pemerintah Jepang tersebut (Romusha) dari aspek sosial, geografi dan ekonomi !
2.             Pada materi ini identifikasi nilai-nilai PPK apa saja yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran di atas ! Jelaskan!


Rumusan Jawaban:
1.             Kajian IPS Terpadu terhadap tindakan pemerintahan Jepang dalam menerapkan kebijakan Romusha bagi orang Indonesia dari aspek sosial, geografi dan ekonomi yakni sebagai berikut:
Aspek Sosial (Sosiologi)
6.1. Mendeskripsikan bentuk – bentuk hubungan sosial
6.2. Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat

Aspek Geografis (Geografi)
1.4.  Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan

Aspek Ekonomi (Ekonomi)
7.1. Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya
         


2.             Nilai – nilai Pengembangan Pendidikan Karakter (PPK) yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran Romusha yakni sebagai berikut:
a.      Rasa hormat (Respect)
Rasa hormat berarti menunjukkan penghargaan kita terhadap harga diri orang lain ataupun hal – hal lain selain dari diri kita.
b.      Tanggung jawab
Tanggung diartikan sebagai kemampuan untuk merespon dan menjawab. Tanggung jawab berorientasi terhadap orang lain memberikan bentuk perhatian, dan secara aktif memberikan respons terhadap apa yang mereka inginkan. Tanggung jawab menekankan pada kewajiban positif untuk saling melindungi satu sama lain.
c.       Disiplin diri
Disiplin diri tidak mengikuti keinginan hati yang mengarah pada perendahan nilai diri atau perusakan diri, tetapi untuk mengejar apa – apa yang baik bagi diri kita, dan untuk mengejar keinginan sehat/positif dalam kadar yang sesuai. Tidak pernah mudah puas terhadap apa yang telah diraih, dengan cara mengembangkan kemampuan, bekerja dengan manajemen, waktu yang bertujuan, dan menghasilkan sesuatu yang berarti bagi kehidupan.
d.      Peduli Sosial (Rela Berkorban)
Peduli sosial atau Rela berkorban dimaknai sebagai sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan
e.      Empati
Empati merupakan identifikasi dengan, atau pengalaman yang seolah – olah terjadi dalam, keadaan orang lain. Empati memampukan kita untuk keluar diri dari kita sendiri dan masuk kedalam diri orang lain. Ini merupakan emosional penentuan perspektif.



No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...