Pengembangan Penilaian Berbasis Kelas
|
|
KISI-KISI
PENULISAN SOAL TES PRESTASI AKADEMIK
A.
Kurikulum 2006
Jenis
Sekolah : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
No. Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan Kelas
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
1
|
|
|
VII
|
Sistem
Perekonomian
|
|
|
2
|
|
|
VII
|
Sistem
Perekonomian
|
|
|
3
|
|
|
VII
|
Sistem
Perekonomian
|
|
|
B.
Kurikulum 2013
Jenis
Sekolah : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
No. Urut
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan Kelas
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
1
|
Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik).
|
VII
|
Sistem
Perekonomian
|
Siswa mampu mengidentifikasi ciri sistem ekonomi
tradisional
|
Pilihan Ganda
|
2
|
Siswa mampu mengkategorikan negara negara yang
menganut sistem ekonomi liberal
|
Pilihan Ganda
|
|||
3
|
Siswa mampu menganalisis kebaikan sistem ekonomi
Pancasila berdasarkan UUD 1945 Pasal 33
|
Pilihan Ganda
|
|||
4
|
Siswa mampu membedakan sistem ekonomi
Terpusat/Komando dengan Liberal
|
Uraian
|
|||
5
|
Siswa mampu menganalisis sisi negatif sistem
ekonomi terpusat
|
Uraian
|
|||
6
|
Siswa mampu menujukan contoh perusahaan negara
yang bergerak dalam kegiatan produsen yang berada di lingkungan siswa
|
Uraian
|
1.
Berdasarkan kisi-kisi
diatas, buatlah soal UN/USBN pada lingkup materi yang dipelajari pada modul
ini.
2.
Kembangkan soal-soal yang
sesuai dengan konsep HOTs.
3.
Kembangkan soal Pilhan Ganda
(PG) sebanyak 3 Soal
4.
Kembangkan soal uraian
(Essay) sebanyak 3 Soal.
5.
Rambu-rambu pemilihan Bentuk
Soal (Level) :
a.
Soal PG : Pengetahuan,
Pemahaman dan Aplikasi
b.
Soal Uraian : Pemahaman,
Aplikasi, Analisa, Sintesa dan Evaluasi
KARTU SOAL
|
Jenjang :
Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas :
VII / VIII / IX
Kompetensi :
Sistem Perekonomian
Level :
Pengetahuan (C1)
Materi :
Sistem Perekonomian
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
|
Perhatikan pernyataan
berikut!
a.
Belum adanya pembagian
kerja yang jelas
b.
Bergantung pada sektor
pertanian
c.
Ikatan tradisi bersifat
kekeluargaan
d.
Teknologi produksi
sederhana
Pernyataan di atas
merupakan sistem ekonomi…
a.
Tradisional
b.
Liberal
c.
Terpusat
d.
Campuran
|
Kunci Jawaban : (a)
|
KARTU SOAL
|
Jenjang :
Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas :
VII / VIII / IX
Kompetensi :
Sistem Perekonomian
Level :
Pemahaman (C2)
Materi :
Sistem Perekonomian
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
|
Perhatikan negara negara
di bawah ini!
1.
Amerika
2.
Indonesia
3.
Perancis
4.
Rusia
5.
Swiss
6.
China
Negara penganut sistem ekonomi liberal ditunjukan oleh nomor…
a.
1, 2, 3
b.
4, 5, 6
c.
1, 3, 5
d.
2, 4, 6
|
Kunci Jawaban : (c)
|
KARTU SOAL
|
Jenjang :
Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas :
VII / VIII / IX
Kompetensi :
Sistem Perekonomian
Level :
Analisis (C4)
Materi :
Sistem Perekonomian
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
|
Perhatikan pasal 33
-
Prekonomian disusun
sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan
-
Cabang-cabang produksi
yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai
negara
-
Bumi, air dan kekayaan
yang terkandung didalamnya dikusai oleh negara dan dipergunakan untuk
kemakmuran rakyat
Dari pernyataan diatas dapat diketahui bahwa dalam sistem
ekonomi Pancasila…
a.
Pemerintah bertanggung
jawab penuh terhadap kegiatan ekonomi
b.
Adanya kebebasan bagi
swasta untuk melakukan tindakan ekonomi
c.
Pemerintah lebih mudah
dalam mengadakan pengawasan dan pengendalian
d.
Sektor ekonomi yang
dikuasai pemerintahlebih bertujuan untuk kepentingan masyarakat
|
Kunci Jawaban : (d)
|
KARTU SOAL
|
Jenjang :
Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas :
VII / VIII / IX
Kompetensi :
Sistem Perekonomian
Level :
Pemahaman (C2)
Materi :
Sistem Perekonomian
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
|
1.
Apa bedanya sistem ekonomi
liberal dengan terpusat
|
Kunci Jawaban :
Sistem ekonomi liberal
memberikan kebebasan kepada pihak swasta untuk melakukan tindakan ekonomi dan
pemerintah tidak terlalu ikut campur sedangkan sistem ekonomi terpusat
pemerintah bertanggung jawab penuh dalam kegiatan ekonomi dan kebebasan
individu/swasta tidak diakui
|
KARTU SOAL
|
Jenjang :
Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas :
VII / VIII / IX
Kompetensi :
Sistem Perekonomian
Level :
Analisis (C4)
Materi :
Sistem Perekonomian
Bentuk Soal :
Uraian
|
Salah satu keuntungan
sistem ekonomi terpusat adalah pemerintah bertanggung jawab dalam seluruh
kegiatan ekonomi. Adanya tanggung jawab pemerintah secara penuh dalam bidang
ekonomi mengakibatkan dampak negatif
Dari pernyataan tersebut
jelaskan dampak negatif yang ditimbulkan oleh pemerintah yang bertanggung
jawab dalam seluruh kegiatan ekonomi!
|
Kunci Jawaban :
a.
Adanya pemasungan daya
kreatif masyarakat karena semua inisiatif dan inovatif di prakasai oleh
pemerintah
b.
Munculnya pasar gelap yang
diakibatkan oleh pembatasan yang terlalu ketat oleh pemerintah
c.
Tidak ada jaminan masyarakat
dalam menentukan jens pekerjaan serta memilih barang konsumsi
|
KARTU SOAL
|
Jenjang :
Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas :
VII / VIII / IX
Kompetensi :
Sistem Perekonomian
Level :
Aplikasi (C3)
Materi :
Sistem Perekonomian
Bentuk Soal :
Uraian
|
Carilah di lingkungan kalian perusahaan milik negara yang
bergerak dalam bidang produksi barang dan jasa
|
Kunci Jawaban :
-
Perusahaan Listrik Negara
(PLN)
-
Perusahaan Daerah Air
Minum (PDAM)
-
Pertamina
-
Perum Damri
|
No comments:
Post a Comment