KISI-KISI PENULISAN SOAL
TES PRESTASI AKADEMIK
A. Kurikulum 2006
Jenis Sekolah : SMP/MTs
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
No Urut
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan Kelas
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
1
|
3.
Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
|
3.1 Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasar-kan motif dan
prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
|
VII
|
Motif, Prinsip
dan Permasalahan Ekonomi
|
Mendefinisikan
pengertian motif dan prinsip
ekonomi.
|
PG & Uraian
|
2
|
|
3.2 Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasar-kan motif dan
prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
|
VII
|
Motif, Prinsip
dan Permasalahan Ekonomi
|
Mengidentifikasi
macam-macam motif dan prinsip ekonomi.
|
PG & Uraian
|
3
|
|
3.3 Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasar-kan motif dan
prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
|
VII
|
Motif, Prinsip
dan Permasalahan Ekonomi
|
Mengaplikasikan kegiatan
/ tindakan ekonomi
sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip
ekonomi.
|
PG & Uraian
|
B. Kurikulum 2013
Jenis
Sekolah : SMP/MTs
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
No. Urut
|
Kompetensi
Dasar
|
Bahan
Kelas
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
Soal
|
1
|
Peserta didik
mampu:
3.3
Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga
menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi,
penawaran permintaan) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan
kehidupan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia
|
VII
|
Motif, Prinsip
dan
Permasalahan
Ekonomi
|
Menganalisis pengertian
motif dan prinsip ekonomi.
|
PG & Uraian
|
2
|
4.1
Menyajikan
hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang
sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi,
konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk
keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia
|
VII
|
Motif, Prinsip
dan
Permasalahan
Ekonomi
|
Menyajikan macam-macam
motif dan prinsip ekonomi.
|
PG & Uraian
|
3
|
4.1
Menyajikan
hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang
sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi,
konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk
keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia
|
VII
|
Motif, Prinsip
dan
Permasalahan
Ekonomi
|
Mengaplikasikan kegiatan
/ tindakan ekonomi
sehari-hari berdasarkan motif dan prinsip
ekonomi.
|
PG & Uraian
|
Berdasarkan kisi-kisi diatas, buatlah soal UN/USBN
pada lingkup materi
yang dipelajari pada modul ini.
5. Kembangkan soal-soal yang sesuai dengan konsep HOTs.
6. Kembangkan soal Pilhan Ganda
(PG) sebanyak 3 Soal
7. Kembangkan soal uraian (Essay) sebanyak 3 Soal.
8. Rambu-rambu pemilihan
Bentuk Soal (Level) :
a. Soal PG :
Pengetahuan, Pemahaman dan Aplikasi
b. Soal Uraian
: Pemahaman, Aplikasi, Analisa, Sintesa dan Evaluasi
a.
Soal PG
ü Pengetahuan:
Sepeda
motor bagi peserta didik yang rumahnya jauh dari sekolah termasuk dalam
kebutuhan …
a. primer (pokok)
b. sekunder (pelengkap)
c. tersier (kemewahan)
d. sederhana
ü Pemahaman:
Kopi
dan gula digunakan bersama. kedua barang tersebut termasuk barang ...
a. komplementer
b. setengah
jadi
c. barang
produksi
d. subsitusi
ü Aplikasi:
Listrik
termasuk barang...
a. barang konsumsi
b. barang produksi
c. barang subsitusi
d. barang komplementer
|
Soal Uraian : Pemahaman,
Aplikasi & Analisa
ü Pemahaman
Mengapa setiap manusia ekonomi harus
menerapkan prinsip ekonomi dalam kehidupannya?
ü Aplikasi
Uraikan tiga hal yang perlu dipertimbangkan
pada saat akan berbelanja!
ü Analisa
Akhir-akhir
ini, banyak masyarakat menggunakan telepon selular dengan berbagai merek
dan jenis. Jelaskan menurut pendapatmu motif apa yang mendasari masyarakat
tersebut menggunakan telepon selular!
|
|
No comments:
Post a Comment