Thursday 14 November 2019

Persiapan Proklamasi Kemerdekaan



     
Soal:
Pada tanggal 12 Agustus 1945 diadakan pertemuan di Dalat (Vietnam Selatan) antara Jendral Besar Terauci dengan pemimpin Indonesia (Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Radjiman Widyodiningrat). Dalam pertemuan tersebut jendral Terauci menyampaikan bahwa Pemerintah Jepang telah memberikan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia dan untuk pelaksanaannya dibentuklah PPKI sambil menunggu persiapan selesai. Kenyataannya setelah itu Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamasikan Kemerdekaannya.
Berdasarkan pernyataan di atas munculah penafsiran negatif tentang kemungkinan bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan hadiah dari Jepang.

Pertanyaan :

1.   Bagaimanakah pendapat Anda terhadap pernyataan di atas?

2. Benarkah Kemerdekaan Indonesia merupakan Pemberian dari Jepang ?

3. Berikan alasan dari Jawaban Anda dengan mengemukakan bukti historis dari peristiwa sejarah yang terjadi pada sekitar Proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.

Jawaban:
1.    Pemanggilan  Ir. Soekarno, Drs. Moh Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat oleh Jenderal Terauchi ke Dalath tidak berarti bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan hadiah dari Jepang walaupun Jepang setelah itu memfasilitasi dengan membentuk BPUPKI.
Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada saat di Indonesia terjadi Vacum of Power. Kekalahan Jepang yang semula ditutup-tutupi oleh Jepang pada akhirnya diketahui oleh bangsa Indonesia. Atas desakan para pemuda setelah melalui perjalanan yang rumit, bangsa Indonesia akhirnya memproklamasikan kemerdekaannya

2.    Salah. Karena  Kemerdekaan Indonesia merupakan jerih payah perjuangan dari bangsa Indonesia sendiri, bukan pemberian dari Jepang.

3.    Pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 Jepang dijatuhi bom atom oleh tentara sekutu, Hal ini berarti bahwa Jepang harus secepatnya menyerah kepada Sekutu. Akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. Terjadi vacuum of power di Indonesia, dan itu dimanfaatkan oleh para pemuda untuk secepatnya memproklamasikan kemerdekaan.
.



No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...