Wednesday 13 November 2019

MOTIF EKONOMI

1.    Jelaskan tentang pengertian motif ekonomi!
Jawab:
Description: Hasil gambar untuk motif ekonomiMenurut Loudon dan Della Bitta (1993): A motif as an inner state that mobilizes bodily energy and directs it in selective fashion toward goals usually located in the external environment ”. Pernyataan tersebut menjelaskan bahwa motif merupakan suatu keadaan yang menggerakan energi dan tenaga jasmani dalam diri seseorang dan mengarahkan secara selektif menuju suatu tujuan yang biasanya terletak  dalam  lingkungan eksternal.  Berikut  ini  adalah  macam-macam motif ekonomi, yaitu motif :
ü Untuk memenuhi kebutuhan,
ü Mendapatkan keuntungan,
ü Sosial,
ü  Mendapatkan penghargaan,
ü  Kekuasaan ekonomI,
ü  Politik
Motif atau keinginan yang dilakukan manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya didorong oleh sebab atau alasan tertentu. Motif merupakan energi positif penggerak diri seseorang untuk berusaha    memenuhi tujuan/kebutuhannya. Usaha manusia dalam melakukan tindakan ekonomi tersebut bermacam-macam, sehingga motif   yang melatar belakanginyapun bermacam-macam. Misalnya seseorang bekerja karena ingin memperoleh penghasilan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, seorang pengusaha jasa travel  memberikan pelayanan yang  baik  agar  pelanggan nyaman  dan  loyal, peserta didik belajar agar lulus Ujian Nasional.

2.      Bagaimanakah motif ekonomi mempengaruhi manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya ?
Jawab:
Motif/keinginan memerlukan daya juang untuk senantiasa melakukan yang terbaik dan pantang menyerah menghadapi rintangan sampai pada tujuan yang ingin dicapai. Seseorang yang mempunyai daya juang akan mengembangkan kreativitasnya ketika menemui rintangan yang dihadapi untuk mencapai keberhasilan. Setiap orang mempunyai kesempatan untuk menjadi seseorang yang berhasil ketika memiliki etos kerja dan ketekunan dalam usaha. Seseorang yang ber etos kerja menyadari bahwa bekerja adalah rahmat sehingga bekerja penuh rasa syukur, bekerja adalah amanah sehingga seseorang bertanggungjawab, bekerja adalah  ibadah  sehingga mengerjakan semua  dengan kecintaan dan  bekerja merupakan aktualisasi diri.
3.    Bagaimanakah guru memberikan penguatan terhadap nilai-nilai karakter yang muncul saat membelajarkan materi motif ekonomi ?
Jawab:
Guru memberikan pengertian kepada peserta didik bahawa setiap keinginan atau tindakan yang dilakukan manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selalu didorong oleh sebab-sebab atau alasan tertentu. Usaha manusia dalam melakukan tindakan ekonomi tersebut bermacam-macam, akibatnya motif ekonomi yang melatar belakanginya pun juga bermacam-macam. Misalnya peserta didik ingin kehidupannya di masa yang akan datang memperoleh penghasilan yang mencukupi kebutuhan hidupnya, maka peserta didik harus belajar dengan rajin, disiplin, jujur, bertanggungjawab dan dapat dipercaya.


No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...