Pengembangan Penilaian Berbasis Kelas Masa
Hindhu Budha di Indonesia
KISI-KISI PENULISAN SOAL TES PRESTASI AKADEMIK
A. Kurikulum 2013
Jenis Sekolah : SMP/MTs
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
No. Soal
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan Kelas
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
1- 3
|
Memahami kronologi perubahan dan kesinambungan dalam
kehidupan Bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis dan
pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Budha dan Islam
|
VII
|
Kehidupan masyarakat pada masa Hindu-Budha.
|
3.4.1 Mendeskripsikan perkembanagan masyarakat
Indonesia pada masa Hindu-Budha
|
PG
|
No. Urut
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan Kelas
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
1- 3
|
Memahami kronologi perubahan dan kesinambungan
dalam kehidupan Bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya,
geografis dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Budha dan
Islam
|
VII
|
Kehidupan masyarakat pada masa Hindu-Budha.
|
3.4.2 Mendeskripsikan perkembanagan masyarakat
Indonesia pada masa Hindu-Budha
|
Uraian
|
4.
Berdasarkan kisi-kisi diatas, buatlah soal
UN/USBN pada lingkup materi yang dipelajari pada modul ini.
5.
Kembangkan soal-soal yang sesuai dengan
konsep HOTs.
6.
Kembangkan soal Pilhan Ganda (PG) sebanyak
3 Soal
7.
Kembangkan soal uraian (Essay) sebanyak 3
Soal.
8.
Rambu-rambu pemilihan Bentuk Soal (Level)
a. Soal PG : Pengetahuan, Pemahaman dan Aplikasi.
b. Soal Uraian : Pemahaman, Aplikasi, Analisa,
Sintesa dan Evaluasi.
KARTU SOAL
|
Jenjang
: Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
: VII
Kompetensi : Masa Hindhu Budha di Indonesia
Level
: Pemahaman
Materi
: Hindhu Budha di Indonesia
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
|
Pertanyaan
1. Teori yang menyatakan
bahwa proses masuknya pengaruh Hindu-Budha ke Indonesia dibawa oleh para
pedagang adalah teori .....
a.
Brahmana
c. Sudra
b.
Ksatria d. Waisya
|
Kunci Jawaban ( D )
|
KARTU SOAL
|
Jenjang
: Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
: VII
Kompetensi : Masa Hindhu Budha di Indonesia
Level
: Pemahaman
Materi
: Perkembangan kerajaan
Hindu-Budha
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
|
Pertanyaan:
2.
Perhatikan data berikut ini!
1) Prasasti Tugu
2) Prasasti Jambu
3) Prasasti Canggal
4) Prasasti Kelurak
Sumber informasi Kerajaan Mataram Kuno
ditunjukan oleh nomor .....
a. 1 dan 2
c. 2 dan 4
b. 1 dan 3
d. 3 dan 4
|
Kunci Jawaban (D)
|
KARTU SOAL
|
Jenjang
: Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
: VII
Kompetensi : Masa Hindhu Budha di Indonesia
Level
: Pemahaman
Materi
: Peninggalan-Peninggalan
Bercorak Hindu-Budha
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
|
Pertanyaan
3.
Perbedaan kegunaan antara candi yang bercorak Hindu dengan candi yang
becorak Budha adalah .....
a. Candi Hindu sebagai tempat
makam raja dan Candi Budha sebagai tempat pemujaan dewa
b. Candi Hindu sebagai tempat
tinggal raja dan Candi Budha sebagai tempat pemujaan dewa
c. Candi Budha sebagai tempat
tinggal raja dan Candi Hindu sebagai tempat pertapaan
d.
Candi Hindu sebagai tempat makam raja dan Candi Budha sebagai tempat
memuja Dewa Syiwa
|
Kunci Jawaban (A)
|
KARTU SOAL
|
|||||
Jenjang
: Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
: VII
Kompetensi : Masa Hindu Budha di Indonesia
Level
: Analisa
Materi
: Peninggalan-Peninggalan Bercorak
Hindu-Budha
Bentuk Soal : Uraian
|
|||||
Pertanyaan
1. Jelaskan
perbedaan candi yang berlanggam Jawa Tengah dan berlanggam Jawa Timur
|
|||||
Kunci Jawaban :
|
|||||
KARTU SOAL
|
|||||
Jenjang
: Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
: VII
Kompetensi : Masa Hindu Budha di Indonesia
Level
: Analisa
Materi
: Peninggalan-Peninggalan
Bercorak Hindu-Budha
Bentuk Soal : Uraian
|
|||||
Pertanyaan
2. Jelaskan mengapa peninggalan masa lalu sangat
berharga?
|
|||||
Kunci Jawaban:
Karena hanya dari
peninggalan itu kita semua dapat mempelajari peristiwa yang sebenarnya
terjadi, kapan, dimana, siapa yang berkuasa, dan banyak lagi.
|
KARTU SOAL
|
Jenjang
: Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
: VII
Kompetensi : Masa Hindu Budha di Indonesia
Level
: Analisa
Materi
: Peninggalan-Peninggalan
Bercorak Hindu-Budha
Bentuk Soal : Uraian
|
Pertanyaan
3. Jelaskan pengaruh masuknya agama Hindu-Budha bagi
rakyat Indonesia !
|
Kunci Jawaban:
Pengaruh Hindu dan Budha di Indonesia membaur menjadi satu
dengan kepercayaan dan keyakinan yang telah ada sebelumnya.
|
No comments:
Post a Comment