Thursday 14 November 2019

Pengembangan Penilaian Berbasis Kelas Masa Hindhu Budha di Indonesia


Pengembangan Penilaian Berbasis Kelas Masa Hindhu Budha di Indonesia


KISI-KISI PENULISAN SOAL TES PRESTASI AKADEMIK
A. Kurikulum 2013

Jenis Sekolah : SMP/MTs
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

No. Soal
Kompetensi Dasar
Bahan Kelas
Materi
Indikator
Bentuk Soal
1- 3
Memahami kronologi perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan Bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Budha dan Islam
VII
Kehidupan masyarakat pada masa Hindu-Budha.
3.4.1    Mendeskripsikan perkembanagan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Budha

PG


No. Urut
Kompetensi Dasar
Bahan Kelas
Materi
Indikator
Bentuk Soal
1-      3
Memahami kronologi perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan Bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Budha dan Islam
VII
Kehidupan masyarakat pada masa Hindu-Budha.
3.4.2    Mendeskripsikan perkembanagan masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Budha

Uraian

4.      Berdasarkan kisi-kisi diatas, buatlah soal UN/USBN pada lingkup materi yang dipelajari pada modul ini.
5.      Kembangkan soal-soal yang sesuai dengan konsep HOTs.
6.      Kembangkan soal Pilhan Ganda (PG) sebanyak 3 Soal
7.      Kembangkan soal uraian (Essay) sebanyak 3 Soal.
8.      Rambu-rambu pemilihan Bentuk Soal (Level)
a.   Soal PG       : Pengetahuan, Pemahaman dan Aplikasi.
b.   Soal Uraian : Pemahaman, Aplikasi, Analisa, Sintesa dan Evaluasi.

KARTU SOAL
Jenjang             : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                : VII
Kompetensi      : Masa Hindhu Budha di Indonesia
Level                : Pemahaman
Materi               : Hindhu Budha di Indonesia
Bentuk Soal      : Pilihan Ganda

Pertanyaan
1.      Teori yang menyatakan bahwa proses masuknya pengaruh Hindu-Budha ke Indonesia dibawa oleh para pedagang adalah teori .....
a.       Brahmana                              c.    Sudra
b.      Ksatria                                   d.    Waisya

Kunci Jawaban  ( D )



KARTU SOAL
Jenjang             : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                : VII
Kompetensi      : Masa Hindhu Budha di Indonesia
Level                : Pemahaman
Materi               : Perkembangan kerajaan Hindu-Budha
Bentuk Soal      : Pilihan Ganda

Pertanyaan:
2.      Perhatikan data berikut ini!
1)      Prasasti Tugu
2)      Prasasti Jambu
3)      Prasasti Canggal
4)      Prasasti Kelurak
    
     Sumber informasi Kerajaan Mataram Kuno ditunjukan oleh nomor .....
a.       1 dan 2                                        c.    2 dan 4
b.      1 dan 3                                        d.    3 dan 4


Kunci Jawaban  (D)




KARTU SOAL
Jenjang             : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                : VII
Kompetensi      : Masa Hindhu Budha di Indonesia
Level                : Pemahaman
Materi               : Peninggalan-Peninggalan Bercorak Hindu-Budha
Bentuk Soal      : Pilihan Ganda

Pertanyaan
3.      Perbedaan kegunaan antara candi yang bercorak Hindu dengan candi yang becorak Budha adalah .....
a.       Candi Hindu sebagai tempat makam raja dan Candi Budha sebagai tempat pemujaan dewa
b.      Candi Hindu sebagai tempat tinggal raja dan Candi Budha sebagai tempat pemujaan dewa
c.       Candi Budha sebagai tempat tinggal raja dan Candi Hindu sebagai tempat pertapaan
d.      Candi Hindu sebagai tempat makam raja dan Candi Budha sebagai tempat memuja Dewa Syiwa

Kunci Jawaban  (A)


KARTU SOAL
Jenjang             : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                : VII
Kompetensi      : Masa Hindu Budha di Indonesia
Level                : Analisa
Materi               : Peninggalan-Peninggalan Bercorak Hindu-Budha
Bentuk Soal      : Uraian

Pertanyaan
1.       Jelaskan perbedaan candi yang berlanggam Jawa Tengah dan berlanggam Jawa Timur

Kunci Jawaban :

Langgam Jawa Tengah
Langgam Jawa Timur
1.      Bentuk bangunan tambun
2.      Atapnya berundak-undak
3.      Puncak berbentuk stupa
4.      Letak di tengah halaman
5.      Menghadap ke timur
1.      Bentuk bangunan ramping
2.      Atapnya perpaduan tingkat
3.      Puncak berbentuk kubus
4.      Letak di belakang halaman
5.      Menghadap ke barat


KARTU SOAL

Jenjang             : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                : VII
Kompetensi      : Masa Hindu Budha di Indonesia
Level                : Analisa
Materi               : Peninggalan-Peninggalan Bercorak Hindu-Budha
Bentuk Soal      : Uraian


Pertanyaan
2.      Jelaskan mengapa peninggalan masa lalu sangat berharga?


Kunci Jawaban:
Karena hanya dari peninggalan itu kita semua dapat mempelajari peristiwa yang sebenarnya terjadi, kapan, dimana, siapa yang berkuasa, dan banyak lagi.



KARTU SOAL
Jenjang             : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                : VII
Kompetensi      : Masa Hindu Budha di Indonesia
Level                : Analisa
Materi               : Peninggalan-Peninggalan Bercorak Hindu-Budha
Bentuk Soal      : Uraian

Pertanyaan
3.      Jelaskan pengaruh masuknya agama Hindu-Budha bagi rakyat Indonesia !


Kunci Jawaban:
Pengaruh Hindu dan Budha di Indonesia membaur menjadi satu dengan kepercayaan dan keyakinan yang telah ada sebelumnya.



No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...