Instrumen Penilaian 3 Jenis Keterampilan dalam
IPS
Tujuan dari pembelajaran IPS terpadu adalah untuk membekali siswa dengan
keterampilan akademik, keterampilan personal, dan keterampilan
sosial. Berikanlah contoh
aktivitas pembelajaran
dikelas atau diluar kelas untuk
masing- masing jenis keterampilan tersebut kemudian tentukan teknik
dan instrumen yang
dapat digunakan untuk
menilai masing-masing keterampilan tersebut .
|
||
Jenis Keterampilan
|
Aktivitas didalam/diluar
kelas
|
Instrumen penilaian
|
Akademik
|
Peserta didik bekerjasama berdiskusi mengumpulkan informasi/data
untuk menjawab pertanyaan pada lembar kerja dari berbagai sumber, seperti
buku siswa, serta referensi lain yang relevan
|
Bagan Partisipasi
Aspek Penilaiannya
meliputi:
-Ketepatan
jawaban siswa (relevansi)
-
|
Personal
|
1. Siswa melakukan diskusi untuk menjawab LKS
2. Siswa mempresentasikan hasil diskusi
|
Lembar Observasi yang
meliputi :
- Keaktifan mengemukakan pendapat dan bertanya
|
Sosial
|
1. Siswa melakukan diskusi untuk menyusun laporan
penelitian
2. Siswa mempresentasikan hasil laporan.
|
Lembar Observasi yang
meliputi :
- Menghargai pendapat orang lain
- Tidak memaksakan kehendak.
- Kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun
tulisan
|
Wednesday 13 November 2019
Instrumen Penilaian 3 Jenis Keterampilan dalam IPS
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Keunggulan Geostrategis Indonesia
letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...
-
No. Instrumen Tes Kelebihan Kekurangan 1 Pilihan Ganda 1. D...
-
PERNYATAAN Pendidikan IPS adalah pendidikan yang amat penting dalam mengembangkan perilaku sosial, kemampuan komunikasi dan kemampuan ...
-
1. Apa yang membedakan semiotika Ferdinand de Saussure (1857-1913) dengan semiotika Charles Sanders Peirce (1839-1914)? Apa nilai g...
No comments:
Post a Comment