Thursday 14 November 2019

Peninggalan Budaya Hindhu-Budha di Indonesia


Peninggalan Budaya Hindhu-Budha di Indonesia

No
Jenis Peninggalan
Diskripsi
Contoh Peninggalan
Keterangan
1.
Seni Bagunan
Seni bangunan bersifat sakral yaitu bangunan berkaitan dengan keagamaan, dan profan yaitu bangunan yang tidak bersangkutan dengan keagamaan.
Candi, biara, pemandian, gapura, kota dan benteng, arca, keraton.
Bangunan sakral: candi, stupa, arca, wihara.
Banguan profan: keraton, gapura, pertapaan, pemandian
2.
Seni Rupa
Seni rupa berupa peninggalan yang memiliki bentuk baik dua maupun tiga dimensi.
Relief, arca, wayang, ragam hias
Pada masa Hindhu Budha relief ini umumnya dipahatkan pada dinding candi, terutama di lorong candi sebagaimana pada candi Borobudur dan Candi Prambanan.
Arca dewa dilukiskan dengan atribut (tanda) tertentu untuk membedakan Dewa yang satu dengan lainnya.
Wayang telah dikenal sejak jaman praaksara. Pada masa Hindhu Budha wayang dilukiskan dalam hubungannya dengan ceritera tertentu, dengan memadukan perwujudan tokoh tertentu dalam bentuk boneka, ditampilkan dalam layar dan cahaya.
Ragam Hias, merupakan seni rupa yang berfungsi sebagai hiasan atau penghias bagian tertentu dari sebuah bangunan atau lainnya


3.
Seni Sastra
Bertutur tentang ajaran atau nasihat raja-raja agar rakyat bisa belajar tentang dirinya dan seni sastra.
Prasasti
Naskah sastra
Prasasti yang terkenal adalah Prasasti Yupa dari kalimantan Timur, yang mengungkap awal masa sejarah Indonesia, dan masih banyak prasasti pada periode sesudahnya.

Naskah sastra yaang terkenal dari jaman ini adalah Naskah Ramayana yang ditulis oleh Walmiki dan Mahabarata yang ditulis oleh Mpu Wiyasa Kresna Dwipayana. Disamping itu juga masih banyak contoh kitab lain yang berasal dari berbagai jaman dan daerah di Indonesia

4.
Seni Pertunjukan
Wayang kulit, merupakan bentuk pagelaran(pertunjukan) yang melibatkan dalang, seni wayang (boneka), pakeliran (layar) dan lampu (cahaya), serta musik (gamelan).

Wayang Beber, menyerupai pertunjukan wayang kulit, dengan model tampilan yang berbeda. Cara pertunjukannya dengan membeber ceritera yang akan dipertontonkan. Dalang kemudian menceriterakan beberan yang ditampilkan dengan diringi oleh musik tertentu sebagai

pengiringnya. Dalam pertunjukan ini
Wayang Kulit
Wayang beber
Wayang kulit pertunjukannya menampilkan ceritera Mahabarata atau Ramayana.

Wayang Beber dalam pertunjukan ini ceritera yang dibawakan adalah ceritera Panji.



2.      Terhadap bangunan bersejarah yang tersisa dan sampai kepada kita, Sikap dan karakter apakah yang dapat dikembangkan terhadap peninggalan tersebut?
a.       Tanggung jawab terhadap benda peninggalan
b.      Menjaga benda-benda peningalan dengan baik




No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...