Thursday 14 November 2019

Pengantar Ilmu Sejarah keterpaduannya dengan Kajian Geografi, Ekonomi dan Sosiologi


Pengantar Ilmu Sejarah keterpaduannya dengan kajian Geografi, ekonomi dan  Sosiologi


Keterpaduan ilmu sejarah dengan:
1.      Kajian Geografi
Ada hubungan yang erat antara peristiwa dengan ruang, seperti dinyatakan dalam teori Diterminisme Geografis, bahwa faktor geografis sebagai satu-satunya faktor penentu jalannya peristiwa sejarah (Selanjutnya lihat Kausalitas).

2.      Kajian Ekonomi
Kajian ekonomi adalah diterminan dari struktur dan perkembangan masyarakat, berkaitan dengan moda produksi dan penguasaan sumber-sumber ekonomi. Seluruh lembaga-lembaga sosial, politik, dan kultural ditentukan oleh proses ekonomi pada umumnya dan sistem produksi khususnya. Dalam sejarah pasti mempelajari pola kegiatan ekonomi, sistem ekonomi yang sedang berlaku.
Misalnya, sistem produksi agraris dengan teknologi tradisional menciptakan struktur politik dan sosial yang feodalistik sifatnya, yang kesemuanya berkisar sekitar hubungan antara tuan tanah dan penggarap atau buruh tani.


3.      Kajian Sosiologi
Sosiologi menggabungkan data dari berbagai ilmu pengetahuan sebagai dasar penelitiannya. Dengan demikian sosiologi dapat dihubungkan dengan kejadian sejarah sepanjang kejadian itu memberikan keterangan beserta uraian proses berlangsungnya hidup kelompok – kelompok, beberapa peristiwa dalam perjalanan sejarah kelompok manusia. Sosiologi mempertumbuhkan semua lingkungan dan kebiasaan manusia sepanjang kenyataan yang ada dalam kehidupan manusia dan dapat mempengaruhi pengalaman yang dirasakan manusia dalam kelompoknya




No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...