Wednesday 13 November 2019

Keterpaduan Materi untuk Membelajarkan IPS Terpadu



 Keterpaduan Materi untuk Membelajarkan IPS Terpadu

1.      Setelah Anda memahami tentang Sistem Perekonomian, jelaskan kegunaan mempelajari materi tersebut di dalam kehidupan sehari-hari !
2.       Sebagai Guru IPS, menurut Anda Tema/Sub Tema apakah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan materi Sistem Perekonomian?
3.      Membelajarkan IPS kepada peserta didik bukan melalui pendekatan keilmuan namun kajian konsep dari keempat ilmu (geografi, ekonomi, sejarah dan sosiologi) dengan geografi sebagai platformnya.

Tentukanlah konsep-konsep Geografi, Sejarah dan Sosiologi yang berkaitan dengan Konsep-konsep yang ada pada materi Sistem Perekonomian ketika Anda membelajarkan Tema/Sub Tema yang telah Anda tentukan pada soal no. 2!


1.      Sistem perekonomian dapat berguna sebagai  sarana pendorong untuk melakukan produksi, cara atau metode untuk mengorganisasikan  kegiatan individu, menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi barang dan jasa terlaksana dengan baik.

2.      Rumah tangga produksi

3.      Konsep geografi yang berkaitan dengan rumah tangga produksi diantaranya adalah konsep lokasi. Pemilihan lokasi industri ditetapkan berdasarkan bermacam-macam orientasi.
Keputusan lokasi yang bersangkutan, ada yang berorientasi kepada energi, tenaga kerja, pasar, bahan baku, kemajuan teknologi, biaya transportasi yang terendah. Dalam menentukan lokasi  untuk memperoleh perkembangan memerlukan perencanaan yang baik, karena berkaitan dengan produk yang dihasilkan.
Konsep sejarah yang berkaitan dengan rumah tangga produksi diantaranya yaitu konsep perubahan, karena setiap produksi harus berubah dan berkembang mengikuti selera pasar, dan keinginan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.
Konsep sosiologi yang berkaitan dengan rumah tangga produksi diantaranya perubahan sosial, karena dalam perubahan sosial mencakup perubahan  seluruh lapisan dalam struktur sosial dan jalinan hubungan dalam masyarakat, termasuk didalamnya perubahan-perubahan yang cepat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.





No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...