Thursday 14 November 2019

Pengembangan Penilaian Berbasis Kelas (PBK), Masa Pergerakan Nasional Indonesia


Pengembangan Penilaian Berbasis Kelas (PBK), Masa Pergerakan Nasional Indonesia


KISI-KISI PENULISAN SOAL TES PRESTASI AKADEMIK

A. Kurikulum 2006
Jenis Sekolah               : SMP/MTs
Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial

No. Urut
Standar Kompetsi
Kompetensi Dasar
Bahan Kelas
Materi
Indikator
Bentuk Soal
1
Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.
Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

IX
Perang Dunia II di Asia dan Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia

Mengidentifikasi Perang Dunia II di Asia Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia

PG
2
Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.
Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhny a terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

IX
Perang Dunia II di Asia dan Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia

Menjelaskan kebijakan pemerintah pendudukan Jepang

PG dan Uraian
3
Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

IX
Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang


Menjelaskan pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan ekonomi, social dan pergerakan kebangsaan Indonesia

PG
Uraian
4
Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.
Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

IX
Per lawanan rakyat terhadap pemerintahpendudukanJepang
Mengidentifikasi Perlawanan rakyat  di berbagai daerah terhadap pendudukan Jepang
Uraian
4.      Berdasarkan kisi-kisi diatas, buatlah soal UN/USBN pada lingkup materi yang dipelajari pada modul ini.
5.      Kembangkan soal-soal yang sesuai dengan konsep HOTs.
6.      Kembangkan soal Pilhan Ganda (PG) sebanyak 3 Soal
7.      Kembangkan soal uraian (Essay) sebanyak 3 Soal.
8.      Rambu-rambu pemilihan Bentuk Soal (Level)
a.      Soal PG : Pengetahuan, Pemahaman dan Aplikasi.
b.      Soal Uraian : Pemahaman, Aplikasi, Analisa, Sintesa dan Evaluasi

KARTU SOAL
Jenjang
Mata Pelajaran
Kelas
Kompetensi

Level
Materi
Bentuk Soal
:
:
:
:
:
:
:
Sekolah Menengah Pertama
Ilmu Pengetahuan Sosial
IX
Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya

Mendeskripsikan Perang Dunia II
Pilihan Ganda

Perang Dunia II di front Asia Pasifik diawali dengan peristiwa….
a.      pendudukan Saipan di kepulauan Mariana sebagai basis militer Amerika serikat
b.      penyerbuan Jepang terhadap semenanjung Korea yang merupakan wilayah Inggris
c.       Penyerbuan Jepang terhadap wilayah Asia Tenggara dan Cina dan sekitarnya
d.      Penyerangan Jepang atas pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Hawaii

Kunci Jawaban : D


KARTU SOAL
Jenjang
Mata Pelajaran
Kelas
Kompetensi
Level
Materi
Bentuk Soal
:
:
:
:
:
:
:
Sekolah Menengah Pertama
Ilmu Pengetahuan Sosial
IX
Masa Pendudukan Jepang di Indonesia

Pendudukan militer Jepang di Indonesia
Pilihan Ganda

Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, Jepang berusaha mengeksploitasi sumber kekayaan alam Indonesia dengancara ….
a.      rakyat diwajibkan membaya rpajak yang tinggi untuk kepentingan Jepang
b.      memperluas daerah perkebunan baru untuk ditanami tembakau, teh dan kopi
c.       hasil pertanian harus diserahkan kepada Jepang untuk kepentingan perang
d.      masyarakat wajib menanam pohon jarak untuk keperluan militer Jepang

Kunci Jawaban : D






KARTU SOAL
Jenjang
Mata Pelajaran
Kelas
Kompetensi
Level
Materi
Bentuk Soal
:
:
:
:
:
:
:
Sekolah Menengah Pertama
Ilmu Pengetahuan Sosial
IX
Masa Pendudukan Jepang di Indonesia

Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang
Pilihan Ganda

Pernyataan :
1.      Mulai diperkenalkan pada sistem uang
2.      Organisasi politik di hilangkan
3.      Ada kewajiban pajak berupa sewa tanah
4.      Kelaparan yang parah di berbagai aerah
5.      Kondisi kesehatan yang buruk dan banyak yang meninggal akibat romusha
6.      Tanaman kopi, the dan tembakau menjadi tanaman unggulan
Dari  pernyataan di atas yang merupakan dampak pelaksanaan kebijakan pendudukan jepang dalam bentuk pengerahan sumber daya alam dan manusia ditunjukan dengan nomor :
a.      1, 2 dan 3
b.      2, 4 dan 6
c.       1, 3 dan 5
d.      4, 5 dan 6

Kunci Jawaban :  C


KARTU SOAL
Jenjang
Mata Pelajaran
Kelas
Kompetensi
Level
Materi
Bentuk Soal
:
:
:
:
:
:
:
Sekolah Menengah Pertama
Ilmu Pengetahuan Sosial
IX
Masa Pendudukan Jepang di Indonesia

Dampak pendudukan Jepang
Uraian

Coba jelaskan perbedaan latar belakang perlawanan rakyat Singaparna  Tasikmalaya dengan perlawanan rakyat Indramayu terhadap pemerintah pendudukan Jepang!
Kunci Jawaban :
-          Rakyat  Singaparna melawan karena faktor agama yaitu rakyat Singaparna di bawah pimpinan K.H . Zainal Mustofa tidak mau melakukan upacara seikerei setiap pagi karena bertentangan dengan syariat agama Islam yang melarang menyembah selain Alloh.

-          Rakyat Indramayu melakukan perlawanan karena faktor ekonomi dan sosial yaitu tidak tahan dengan penderitaan dan kelaparan yang ditimbulkan oleh kebijakan Jepang yang memberatkan


                                                                                                    


KARTU SOAL
Jenjang
Mata Pelajaran
Kelas
Kompetensi
Level
Materi
Bentuk Soal
:
:
:
:
:
:
:
Sekolah Menengah Pertama
Ilmu Pengetahuan Sosial
VII / VIII / IX
Masa Pendudukan Jepang di Indonesia


Uraian

Apa yang menjadi alasan Pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia dalam tahap awal mengambil kebijakan membubarkan organisasi politik dan menghidupkan organisasi keagamaan misalnya MIAI tumbuh berkembang ?

Kunci Jawaban :
Jepang beranggapan Pada dasarnya organisasi politik yang didirikan zaman Belanda memiliki tujuan untuk memberontak pemerintah yang berkuasa, maka Jepang membubarkannya. Sedangkang organisasi keagamaan MIAI tidak dibubarkan karena dianggap memiliki keuntungan untuk Jepang yaitu:
-          Bisa menarik simpati umat Islam agar bersimpati kepada Jepang
-          Takut pada kekuasaan Islam
-          Jepang bersimpati terhadap perjuangan umat islam di Indonesia dan organisasi MIAI termasuk organisasi yang patuh terhadap pemerintah pendudukan Jepang. Dan tokoh-tokoh agamanya dijadikan alat propaganda Jepang agar jepang diterima oleh rakyat Indonesia dan dapat membantu perang melawan sekutu.


KARTU SOAL
Jenjang
Mata Pelajaran
Kelas
Kompetensi
Level
Materi
BentukSoal
:
:
:
:
:
:
:
Sekolah Menengah Pertama
Ilmu Pengetahuan Sosial
  IX
Masa Pendudukan Jepang di Indonesia


  Uraian

Apa yang melatarbelakangi Pemerintah Jepang dibawah pimpinan Jenderal Kuniaki Koisomen Janjikan kemerdekaan dikemudian hari kepada bangsa Indonesia?

KunciJawaban :
-          Posisi Jepang sudah terdesak dimana-mana mengalami kekalahan dalam pertempuran
-          Jepang berharap jika diberikan janji kemerdekaan rakyat Indonesia mau membatu Jepang dalam perang melawan sekutu.

 
                                                                 

No comments:

Post a Comment

Keunggulan Geostrategis Indonesia

letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia letak Indonesia berada di antara dua samudra yaitu Samudra ...